Sukses

Penyandang Disabilitas: Pak Anies, Kasih Kesempatan Kami Setara

Menurut Eka, tidak ada alasan bagi penyandang disabilitas untuk tidak setara dengan kelompok masyarakat lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) DKI Eka Setiawan, berharap Program One Kecamatan One Centre Entrepreneur atau OK OCE bisa memberdayakan kelompok masyarakat disabilitas.

"Pak Gubernur Anies, ada program OK OCE dan saya tahu punya tekad satu kecamatan bisa untuk satu tempat usaha. Mudah-mudahan dari situ 50 persennya (menyerap) penyandang disabilitas," kata dia saat membuka acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Panti Tuna Grahita Belaian Kasih, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (6/12/2017).

Menurut Eka, tidak ada alasan bagi penyandang disabilitas untuk tidak setara dengan kelompok masyarakat lain. Hanya saja, kesempatan tersebut masih kurang didapati di Jakarta.

"Saya yakin kalau dikasih kesempatan bekerja, kami setara. Jadi Pak Gubernur Anies mari mewujudkan Jakarta yang ramah disabilitas," jelas dia.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Anies Baswedan membenarkan, bahwa penyandang disabilitas juga berpotensi untuk berkompeten.

Dia bercerita, kala menjabat sebagai menteri pendidikan kebudayaan, pihaknya turut mempekerjakan masyarakat disabilitas dengan kemampuan yang potensial di bidangnya masing-masing.

"Saya sering bekerja dengan mereka pada saat dulu di kementerian, banyak anak-anak potensial untuk berkarya dan disesuaikan dengan kemampuannya. Dan itu harus kita lakukan," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekrut Disabilitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memberdayakan warga disabilitas sebagai pegawai di Balai Kota Jakarta. Rencana ini siap dicanangkan pada 2018.

"Saya nanti 2018 akan beri instruksi khusus ke SKPD untuk merekrut saudara kita untuk bekerja di Pemprov DKI," kata Anies usai membuka acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Panti Tuna Grahita Belaian Kasih, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (6/12/2017).

Anies menjelaskan, masyarakat disabilitas nantinya akan ditempatkan sesuai dengan kemampuan dan keahilannya. Hal ini ditujukan agar mereka mendapat kesempatan dan hak yang sama sebagai warga negara.

"Ini memberi kesempatan mereka untuk bisa berkarya dan hidup mandiri dan bisa mendapat kesejahteraan seperti saudara kita yang lain," jelas dia.

Ke depannya, Anies berharap Pemprov DKI bisa menjadi percontohan institusi dan para pemangku usaha lain, bahwa penyandang disabilitas juga memiliki kemampuan dan berkompeten sebagai pekerja profesional.

"Di Jakarta banyak sekali perusahaan, ini kita (Pemprov DKI) harus tunjukkan ke mereka bahwa saudara kita dengan ability berbeda bisa berkarya seperti yang lain," Anies menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.