Sukses

Fokus di Pilkada, Nurdin Halid Pastikan Tak Maju Ketum Golkar

Nurdin berharap siapa pun yang maju sebagai calon ketua umum adalah kader Golkar yang mempunyai visi yang baik.

Liputan6.com, Makassar - Ketua Harian DPP Partai Golkar, Nurdin Halid memastikan diri tidak akan meramaikan bursa calon ketua umum partai berlambang pohon beringin itu. Dia mengaku lebih memilih maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Saya mau fokus di Sulawesi Selatan," kata Nurdin Halid di Makassar, Rabu 6 Desember 2017.

Nurdin berharap siapa pun yang maju sebagai calon ketua umum adalah kader Golkar yang mempunyai visi dan misi membawa partai tersebut ke arah yang lebih baik. Nurdin menilai, ada tiga kriteria ideal calon Ketua Umum Golkar

Pertama, calon ketua umum harus figur yang dapat menjadi simbol partai. Dia dituntut bekerja ekstra menghadapi Pilkada serentak 2018, serta Pemilihan Pemilu 2019 mendatang.

Kedua, calon ketua umum Golkar harus kader asli partai Golkar. "Jadi tidak perlu lagi ada penyesuaian karena sekarang harus kerja cerdas, cepat dan tepat," ucap dia.

Ketiga, lanjut Nurdin, calon ketua umum harus orang yang tidak memiliki masalah agar ia bisa fokus mengurus Partai Golkar.

"Kriteria ketiga yakni figur itu tidak memiliki banyak masalah sehingga bisa fokus mengurus Golkar," kata Nurdin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebut Figur Lain 

Nurdin menyebut ada sejumlah nama yang pantas menjadi pucuk pimpinan di Partai Golkar. Menurutnya, saat ini Partai Golkar punya banyak kader yang handal untuk menggantikan Setya Novanto.

"Ada Airlangga Hartarto, Idrus Marham, Titiek Soeharto, Aziz Syamsuddin dan Indra Bambang Utoyo. Ada banyak, jadi terlalu sedikit kalau disebut hanya ada tiga kader calon ketua umum," paparnya.

Dia memastikan diri akan fokus pada pencalonan dirinya di Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2018 mendatang.

"Saya tidak pernah kejar kekuasaan, saya mau mengabdi di Sulsel. Jadi kalau ditanyakan soal bursa ketua umum (Golkar), ya NH fokus urus Sulsel," ujar Nurdin Halid.

Bursa calon Ketua Umum Golkar diketahui kembali berembus setelah wacana pelaksanaan musyawarah luar biasa atau munaslub menguat. NH mengakui munaslub mutlak dilakukan.

Tapi, keputusan akhir bergantung pada hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas). Dalam waktu dekat, Golkar akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan jadwal rapimnas.

"Dalam Rapimnas nanti baru bisa diputuskan apakah perlu menggelar munaslub atau tidak," tutup dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.