Sukses

Kakak Angkat: Ahok Pasang Barometer Tinggi untuk Gubernur Baru

Kinerja pimpinan baru DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, terus disorot dan Nana Riwayatie, kakak angkat Ahok, angkat bicara.

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja pimpinan baru DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, terus disorot. Nana Riwayatie, kakak angkat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, pun berkomentar.

Dia menilai Ahok memasang barometer tinggi untuk ukuran ideal gubernur Ibu Kota.

"Sialnya gubernur yang baru. Pak Ahok secara tidak diduga sudah bikin barometer yang terlalu tinggi," ujar Nana kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Menurut dia, ini merupakan salah satu bukti dari hasil kerja Ahok selama menjabat sebagai Gubernur DKI. Bukti itu, lanjut dia, terlihat setelah Ahok dijebloskan ke Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

"Ini skenario dari Tuhan. Allah bilang, 'Ya sudah saya bikin begini dulu. Kalau dia terus bekerja, nanti nggak kelihatan kinerjanya.' Ketika ada comparation-nya, langsung kelihatan," kata Nana.

Oleh karena itu, dia meminta agar masyarakat tidak membohongi diri. Warga Jakarta harus mengakui kinerja Ahok, apalagi hasilnya bisa dirasakan.

"Saya cuma minta jangan membohongi diri. Pakailah hati yang paling dalam. Kita bisa lihat sendiri, bagaimana tuh banjir. Biasanya 1 jam surut. Ahok itu kalau banjir, dia enggak tidur. Saya tahu sendiri itu. Pompa juga sudah dicek bulan-bulan sebelumnya," tutur Nana.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Ahok

Sebelumnya, Ahok diputus bersalah melakukan penodaan agama lantaran mengutip Surat Al Maidah ayat 51 saat berpidato di Kepulauan Seribu, pada 27 September 2016. Dia pun dihukum 2 tahun penjara. 

Meski begitu, prestasi yang diukir Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tersebar ke dunia. Dunia internasional pun memberikan sejumlah penghargaan.

Penghargaan teranyar datang dari hasil pilihan majalah Foreign Policy. Dalam daftarnya, nama mantan Gubernur DKI Jakarta masuk dalam Global reThinkers 2017 yang berisi para pemimpin terkemuka dan intelektual dunia.

Pada tahun lalu, berkat usaha Ahok dalam membangun ketahanan kota, Jakarta menjadi salah satu finalis dari kota-kota dunia yang diajak bergabung dalam jaringan 100 Resilient Cities atau 100 RC. Kota-kota itu nantinya akan bergabung dengan komunitas global.

100 RC merupakan sebuah program yang dipelopori The Rockefeller Foundation yang bercita-cita membantu kota di seluruh dunia dalam meningkatkan ketahanan dalam menghadapi tantangan sosial, ekonomi, dan fisik.

Prestasi Ahok lainnya juga mendapat sorotan dari media ternama AS, New York Times. Dalam koran terbesar di AS itu, cerita tentang Ahok ditulis pada halaman A10 dengan judul "Run by Jakarta Governor Up ends Indonesia’s Party Politics".

Dalam laporan New York Times yang diterbitkan pada 5 Juni 2016, dijelaskan, sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2014, Ahok telah menunjukkan taring pada birokrat yang tak kompeten dan melakukan penyimpangan anggaran.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok