Sukses

Jadi Cawapres Potensial Dampingi Jokowi, Ini Kata Agus Yudhoyono

Agus Yudhoyono sendiri sudah mengetahui hasil survei yang menempatkannya sebagai calon wakil presiden favorit.

Liputan6.com, Karangasem - Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi salah satu bakal calon wakil presiden (cawapres) potensial mendampingi Presiden Jokowi bila kembali maju di Pilpres 2019.

Seperti dalam survei Indo Barometer, duet Jokowi-Agus Yudhoyono mendapat suara tertinggi sebesar 48,6 persen dibanding jika Jokowi diduetkan dengan tokoh-tokoh lainnya.

Menanggapi hal ini, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono ini bersyukur atas kepercayaan publik kepadanya. Agus sendiri sudah mengetahui hasil survei yang menempatkannya sebagai calon wakil presiden favorit versi Indo Barometer.

"Saya diinformasikan baru-baru ini keluar survei yang menempatkan saya pada posisi yang cukup baik dari berbagai aspek. Selalu saya mengatakan, jika ada survei dengan angka tertentu dan peringkat tertentu, jika itu baik tentu saya syukuri, saya amini segala harapan dan ekspektasi dari publik," kata Agus usai mengunjungi pengungsi bencana erupsi Gunung Agung di GOR Swecapura Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa 5 Desember 2017.

Agus pun menegaskan, dia tak ingin jika kunjungannya ke beberapa daerah termasuk mengunjungi sejumlah lokasi dikaitkan dengan dinamika politik jelang Pilpres. Agus mengaku kunjungannya itu murni dilakukannya sebagai bentuk kontribusi dirinya sebagai warga negara biasa kepada masyarakat yang tengah tertimpa musibah.

"Hasil survei atau dinamika politik jelang Pilpres tidak akan men-drive saya atau langkah saya dalam aktivitas sehari-hari. Itu semua murni bentuk kontribusi saya sebagai warga negara biasa," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Berandai-andai

Meski memiliki suara tinggi dalam survei, namun Agus tak ingin berandai-andai jika ia ikut dalam kontestasi Pilpres 2019.

"Saya tidak ingin terperangkap dalam spekulasi-spekulasi politik yang mungkin berandai-andai atau mungkin terlalu jauh. Hari ini saya sebagai warga negara juga ingin tetap berkontribusi baik untuk masyarakat, bangsa dan negara," tutur Agus.

Agus pun khawatir jika tujuannya membantu korban banjir ini akan dikaitkan dengan politik.

"Nanti akan banyak spekulasinya, saya membantu korban banjir disangkanya berpolitik. Nanti saya membantu anak-anak ini, bersama mereka, disangkanya mau mengikuti kontestasi politik," tambah Agus Yudhoyono.

Namun ia tak menolak jika pada akhirnya upaya yang dia lakukan dengan mengunjungi sejumlah daerah menuai respon positif dari publik. "Ya Bagus, harus dong (kalau timbul simpati)," tutur AHY.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.