Sukses

Dampak Supermoon, Banjir Rob Rendam Muara Baru

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan rumah di Kampung Muara Baru dan Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara tergenang banjir rob.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Selasa (5/12/2017), petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dan Sudin Sumber Daya Air, Jakarta Utara terus berupaya menahan air laut di tanggul samping permukiman warga RW 17, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Selasa siang.

Petugas meletakkan karung-karung pasir di atas tanggul yang posisinya lebih rendah dari permukaan air laut. Namun tetap tak mampu membendung hingga akhirnya meluap ke permukiman warga.

Akibat banjir rob ini, ketinggian rumah warga mencapai 40 hingga 50 sentimeter. Barang-barang pun terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Selain permukiman warga Muara Baru, warga Luar Batang juga ikut tergenang akibat kebocoran tanggul.

Rob yang menggenangi permukiman warga di pesisir utara Jakarta ini merupakan dampak fenomena alam supermoon beberapa hari lalu. Warga meminta pemerintah untuk segera memperhatikan tanggul yang membatasi rumah mereka dengan laut.