Sukses

Jokowi Resmikan Tol Soroja Bandung Pagi Ini

Selain akan meresmikan Jalan Tol Soroja, Jokowi juga menyerahkan 10 ribu sertifikat tanah untuk warga di Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Kota Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pagi ini.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan Presiden bersama rombongan telah bertolak menuju Bandung, Provinsi Jawa Barat, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Minggu, 3 Desember 2017 malam.

Bey mengatakan, selain akan meresmikan Jalan Tol Soroja, Jokowi juga menyerahkan 10 ribu sertifikat tanah untuk masyarakat Jawa Barat di Soreang, Kabupaten Bandung.

"Sore harinya, Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1," kata Bey.

Sementara itu, Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Bagus Medi meyakini Tol Soroja  akan berkontribusi besar bagi perekonomian Jawa Barat, khususnya bagi warga Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah, akhirnya Tol Soroja ini bisa tuntas, ini akan berpengaruh pada pengembangan potensi ekonomi. Bersyukur tentunya karena lebih cepat lebih bagus," ujar Bagus seperti dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasir Koja-Jalak Harupat 10 Menit

Sebelumnya, Tim gabungan dari Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Perhubungan, Dishub Jawa Barat dan Polda Jawa Barat telah melakukan uji laik terhadap Jalan Tol Soroja yang memiliki panjang sekitar 10,5 km beberapa waktu lalu. Hasilnya, tol tersebut laik digunakan.

"Hasil kajian dari tim berjalan lancar. Hasil kajiannya, positif ya. Hasil kajian cukup bagus. Tak ada catatan dan sudah laik digunakan," kata Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) sebelumnya juga telah menguji coba pemakaian Jalan Tol Soreang-Pasirkoja pada Senin, 27 November 2017.

Waktu tempuh rombongan gubernur dari Pasirkoja ke Stadion Si Jalak Harupat ternyata hanya 10 menit meski dilakukan malam hari. Ahmad Heryawan yakin, waktu tempuh di siang hari pun akan sama yakni 10-15 menit.

"Biasanya waktu tempuh melalui jalan Kopo itu bisa berjam-jam. Sekarang, dengan bakal beroperasinya Tol Soroja, kalau mau nonton Persib di Si Jalak Harupat cukup 10-15 menit saja," ujar Aher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini