Sukses

Jokowi Resmikan Tol Soroja Bandung Besok

Setelah diresmikan, Tol Soroja akan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Jawa Barat, khususnya bagi warga Kabupaten Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan penggunaan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja atau Tol Soroja di Jawa Barat pada Senin, 4 Desember 2017.

Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Bagus Medi mengatakan, peresmian jalan tol akan dilakukan setelah Jokowi membagikan sertifikat kepada warga Kabupaten Bandung.

"Betul, jam 1 siang (besok), Presiden Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Soroja, tapi sebelumnya Presiden akan membagikan sertifikat tanah," ujar Bagus, Minggu (3/12/2017).

Bagus meyakini, setelah diresmikan, tol tersebut akan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Jawa Barat, khususnya bagi warga Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah, akhirnya tol Soroja ini bisa tuntas, ini akan berpengaruh pada pengembangan potensi ekonomi. Bersyukur tentunya karena lebih cepat lebih bagus," ujar Bagus seperti dilansir dari Antara.

Selain diresmikan oleh Presiden Jokowi, sejumlah tokoh penting seperti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Bupati Bandung Dadang M Naseer dan Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa akan hadir besok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasir Koja-Jalak Harupat 10 Menit

Sebelumnya, Tim gabungan dari Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Perhubungan, Dishub Jawa Barat dan Polda Jawa Barat telah melakukan uji laik terhadap Jalan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja) yang memiliki panjang sekitar 10,5 km beberapa waktu lalu hasilnya tol tersebut laik digunakan.

"Hasil kajian dari tim berjalan lancar. Hasil kajiannya, positif ya. Hasil kajian cukup bagus. Tak ada catatan dan sudah laik digunakan," kata Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) sebelumnya juga telah menguji coba pemakaian jalan Tol Soreang-Pasirkoja pada Senin, 27 November 2017 lalu.

Waktu tempuh rombongan gubernur dari Pasirkoja ke Stadion Si Jalak Harupat ternyata hanya 10 menit meski dilakukan malam hari, Ahmad Heryawan yakin, waktu tempuh di siang hari pun akan sama yakni 10-15 menit.

"Biasanya waktu tempuh melalui jalan Kopo itu bisa berjam-jam. Sekarang, dengan bakal beroperasinya Tol Soroja, kalau mau nonton Persib di Si Jalak Harupat cukup 10-15 menit saja," ujar Aher.

 

Saksikan Video pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.