Sukses

Cuaca Ekstrem, Jokowi Imbau Masyarakat Hati-Hati

Jokowi meminta masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam beraktivitas, mengingat ekstremnya cuaca beberapa waktu terakhir.

"Saya mengimbau kepada masyarakat ini memang cuacanya sangat ekstrem. Jadi agar berhati-hati," kata Jokowi di Gelanggang Renang Gelora Bung Karno, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (2/12/2017).

Ia meminta masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan. Terlebih karena dalam beberapa saat terakhir banyak terjadi hujan lebat yang kerap kali disertai angin kencang juga gelombang tinggi di laut.

"Tingkatkan terus kewaspadaan karena cuacanya memang, sekali lagi, cuacanya ekstrem. Hujan lebat, angin kencang juga ada gelombang yang tinggi. Semuanya hati-hati," ujar Jokowi.

Jokowi mengaku sudah memerintahkan jajarannya khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, Basarnas, kementerian/lembaga terkait, hingga pemda untuk mengantisipasi cuaca ekstrem ini.

"Saya sudah perintahkan kepada BNPB, TNI, Polri, Basarnas, kementerian yang terkait, pemda, semuanya untuk waspada dan membantu masyarakat apabila ada bencana secepat-cepatnya dan kita harus antisipasi dampak cuaca ekstrem ini, terutama pada produksi pangan," katanya.

Meskipun, kata dia, sampai sekarang belum ada masalah terkait gangguan pasokan produksi pangan, hal itu harus tetap diantisipasi.

"Ini masih bulan Desember. Nanti masih ada bulan Januari," ujar Jokowi.

Jokowi pun menggarisbawahi pentingnya menjaga jalur-jalur logistik agar tidak terputus akibat bencana.

"Dan juga terutama jalur-jalur logistik jangan sampai putus karena adanya bencana. Ini juga harus betul-betul diantisipasi dan diwaspadai," tandas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem