Sukses

Reuni 212 di Monas, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Sejumlah arah lalu lintas di sekitar Monas dialihkan terkait reuni 212 di Monas.

Patroli Indosiar, Jakarta - Aksi long march di silang Monas 212 kembali digelar pada Sabtu (2/12/2017). Kegiatan doa bersama yang bertajuk reuni 212 itu mengambil momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Arus lalu lintas di sekitar Monas terpaksa dialihkan.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), setahun berlalu, aksi doa bersama 212 kembali digelar di tanggal yang sama yakni 2 Desember. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam doa bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Anies dan ribuan umat Islam larut dalam zikir dan salawat yang dilantunkan penyanyi religi Opick.

Guna mengantisipasi ketersendatan lalu lintas, petugas terpaksa merekayasa sejumlah arus kendaraan yang melintas di sekitar Monas.

Kendaraan yang hendak melaju dari Hayam Wuruk menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan melalui Jalan Juanda melintasi Pasar Baru dan Lapangan Banteng.

Kawat berduri dipasang petugas, mulai dari perempatan Harmoni, agar tidak dilalui kendaraan maupun pejalan kaki.

Sementara untuk kendaraan dari arah Bunderan HI dialihkan melalui Jalan Budi Kemulian menuju Jalan Abdul Muis mengarah ke Jalan Majapahit. Lalu bagi kendaraan arah Tugu Adipura Masjid Istiqlal menuju Jalan Merdeka Barat diluruskan ke Harmoni.

Tak hanya aparat Polda Metro Jaya, PT Kereta Api Indonesia daop satu Jakarta juga merekayasa operasional perjalanan kereta. Para penumpang yang hendak menggunakan kereta jarak jauh di Stasiun Gambir sejak Sabtu pagi diperkenankan naik dari Stasiun Jatinegara.

Begitupula bagi kedatangan sebanyak 22 kereta api jarak jauh, yang biasanya hanya berhenti di Stasiun Gambir, turun di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

Sebelumnya sejumlah warga maupun ormas Islam berbondong-bondong datang dari berbagai daerah mengikuti aksi reuni akbar 212 ini. Salah satunya, warga yang berangkat dari Stasiun Bogor pada Jumat, 1 Desember 2017 malam yang menggunakan moda transportasi kereta Commuter Line.