Sukses

Kepala BPSDMP Lantik 378 Perwira Pelayar Niaga PIP Makassar

Kepala BPSDMP, Lantik 378 Perwira Pelayar Niaga PIP Makassar

Liputan6.com, Makassar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, melantik 378 Perwira Pelayaran Niaga Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar pada Kamis (30/11/2017) di Hotel Grand Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan.

Perwira yang dilantik merupakan lulusan Program Diklat Pelaut (DP) Tingkat IV, III, dan I yang terdiri dari 15 Orang ANT-I (Ahli Nautika Tingkat I), ATT-I (Ahli Teknika Tingkat I) sebanyak 17 Orang, ANT-III sebanyak 47 Orang, ANT-IV sebanyak 168 Orang, dan ATT-IV sebanyak 131 Orang.

Pelantikan dilakukan dengan pengalungan samir kepada perwakilan taruna terbaik, Wilson R.M program DP ANT-I angkatan IX, Mahbub program DP ATT-I angkatan IX, Edwin program DP ANT-III angkatan XXXII, Imran program DP ATT-IV angkatan I, Muhammad Yuliansyah program DP ANT-IV angkatan II, Misbahuddin program DP ATT-IV angkatan II, dan Aspar program DP ANT-IV angkatan III.

Djoko mengungkapkan bahwa saat ini prioritasnya adalah peningkatan daya saing lulusan di kancah internasional.

“Yang perlu ditingkatkan adalah daya jual pelaut-pelaut kita. Upaya yang dilakukan diantaranya adalah penguatan kemampuan berbahasa Inggris para lulusan dan juga peningkatan kemampuan dalam hal penerapan teknologi. Hal ini diperlukan agar pelaut-pelaut kita dapat bersaing di pasar global,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Djoko juga meminta agar kualitas lulusan terus ditingkatkan.

“Peranan sektor transportasi sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, untuk itu peluang ini harus ditangkap dengan secara terus menerus meningkatkan kualitas lulusan, khususnya PIP Makassar,” ucapnya.

Djoko juga mengimbau jajarannya untuk meningkatkan kerja sama dalam pemanfaatan fasilitas.

“Saya minta PIP Makassar yang terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program-program dengan melibatkan dan bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan perguruan tinggi, serta mengoptimalkan sarana dan prasarana diklat, seperti kapal latih yang telah dibangun, guna menjamin mutu keterampilan dan kompetensi SDM di wilayah Sulawesi khususnya,” kata dia.

Djoko mengatakan bahwa diharapkan para lulusan memberikan sumbangsih nyata ketika kembali ke masyarakat dalam pengabdian.

"Saya harap agar ketika para wisudawan kembali ke masyarakat, harus dapat menjadi panutan di lingkungannya dan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara,” ujarnya.

Salah satu lulusan, Wilson, mengungkapkan kebanggaan dan harapannya kepada almamater beberapa saat setelah prosesi pelantikan.

“Saya merasa senang, bangga, dan bersyukur dapat menyelesaikan pendidikan di PIP Makassar, semoga kedepannya ada S2 kemaritiman d PIP Makassar,” ucap lulusan program program DP ANT-I angkatan IX tersebut.

Acara pelantikan ditutup dengan berbagai rangkaian hiburan berupa penampilan paduan suara taruna taruni PIP Makassar.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini