Sukses

Ribuan Rumah di Pekalongan Masih Terendam Banjir

Ribuan rumah dari empat kelurahan di Pekalongan, Jawa Tengah, masih terendam banjir akibat meluapnya air laut ke permukiman warga.

Liputan6SCTV, Pekalongan - Ribuan rumah di Pekalongan, Jawa Tengah, sejak Jumat, 1 Desember dini hari hingga petang, masih terendam banjir akibat tanggul pembatas antara permukiman dan perairan jebol. Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (2/12/2017), ribuan rumah warga di empat kelurahan kota Pekalongan terendam banjir. Kelurahan itu adalah Bandengan, Panjang Wetan, Kandang Panjang, dan Panjang.

Banjir terjadi sejak Jumat dini hari hingga petang, dengan ketinggian mencapai satu meter. Banjir terjadi lantaran tanggul pembatas antara laut dan permukiman di Pasirsari jebol. Akibatnya, air laut yang tengah pasang keluar masuk dengan bebas menggenangi permukiman warga.

Sementara itu di kabupaten Kulonprogo, ditetapkan status tanggap darurat agar penanganan bencana banjir, tanah longsor hingga penanganan pengungsi, cepat teratasi. Status tanggap darurat ini akan berlangsung hingga 13 Desember 2017.

Cuaca ekstrem diperkirakan masih berpotensi kembali terjadi lewat badai Dahlia, yang menghampiri sisi selatan Pulau Jawa berupa hujan deras disertai angin kencang. Warga yang berada di daerah rawan bencana diminta untuk mengungsi.