Sukses

Diterjang Gelombang Tinggi, Aktivitas Pelayaran di Sejumlah Daerah Terganggu

Gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah daerah mengakibatkan penyeberangan melalui jalur laut terganggu.

Liputan6SCTV, Gresik - Akibat diterjang gelombang tinggi mencapai tiga meter, dua kapal penyeberangan tujuan Pulau Bawean putar haluan dan kembali ke pelabuhan Gresik, Jawa Timur. Cuaca ekstrem belakangan ini juga membuat operasional kapal penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, untuk sementara dihentikan.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (2/12/2017), dua kapal penyeberangan tujuan Pulau Bawean dari pelabuhan Gresik, Bahari Express dan Natuna Express, terpaksa kembali setelah berlayar selama sekitar satu setengah jam. Dua kapal tersebut dihantam gelombang setinggi tiga meter ketika sedang berlayar di perairan Karang Jamuang. Jumlah penumpang di ke dua kapal berkisar 250 sampai 300 lebih.

Cuaca ekstrem belakangan ini memang patut diwaspadai. Di wilayah Selat Sunda, Banten, ombak tinggi akibat badai tropis Dahlia menghantam Pelabuhan Merak. Operasional kapal penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, untuk sementara dihentikan. Akibatnya, puluhan kilometer kendaraan truk yang membawa sejumlah barang terpaksa menginap di tol Tangerang-Merak.