Sukses

Cuaca Ekstrem di Puncak Bogor, Wisatawan Diimbau Hati-Hati

Saat ini beberapa titik jalur Puncak dinilai rawan longsor dan angin kencang.

Liputan6.com, Bogor - Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, diimbau berhati-hati dengan cuaca ekstrem.

Saat ini beberapa titik jalur Puncak dinilai rawan longsor dan angin kencang. Terakhir Kamis siang kemarin, pohon berukuran besar tumbang menimpa kendaraan.

"Sejak memasuki musim hujan, beberapa titik lokasi di jalur Puncak terjadi longsor," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, Jumat (1/12/2017).

Karena itu, ia mengingatkan kepada para pengendara untuk selalu waspada. Apalagi, sejak Jumat pagi tadi, kawasan Puncak hujan lebat dan berkabut.

"Jika turun kabut maka hidupkan lampu kendaraan walaupun siang hari. Kalau ada longsor atau pohon tumbang jangan panik," kata dia.

Meski dalam beberapa hari terakhir cuaca wilayah Bogor khususnya Puncak cukup ekstrem, tak membuat masyarakat mengurungkan niatnya untuk berwisata ke Puncak.

Hal itu terlihat dari antrean kendaraan yang mengarah ke Puncak dan Cianjur pada Jumat pagi hingga siang ini. Antrean kendaraan mengular mulai dari pintu keluar Tol Ciawi hingga simpang Megamendung, atau kemacetan mencapai kurang lebih 9 kilometer.

"Jalur Puncak mulai ramai dipenuhi wisatawan yang menuju Puncak sejak pukul 05.30 WIB," kata Hasby.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Satu Arah

Saat ini, arus kendaraan dari Jakarta menuju Puncak diberlakukan satu arah. Diperkirakan, arus lalu lintas diberlakukan normal pukul 12.00 WIB.

"Pemberlakuan ini cukup lama karena kondisi arus lalu lintas cukup padat, dan volume kendaraan cukup signifikan naik," ujar Hasby.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

https://www.vidio.com/watch/607745-enam-plus-longsor-di-puncak-jalan-raya-kembali-normal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • puncak