Sukses

Alasan Bandara Lombok Kembali Dibuka

Dengan kembali beroperasinya Bandara Internasional Lombok, Praya, penerbangan dari dan menuju ke Lombok kembali dibuka.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ditutup akibat sebaran debu vulkanik Gunung Agung di Bali, hari ini Bandara Internasional Lombok, Praya, kembali beroperasi normal sejak pukul 08.50 Wita. Hal tersebut tertuang dalam Notice to Airmen (NOTAM) nomor B9077/17 menggantikan NOTAM sebelumnya nomor B9075/17, yang diterbitkan Aitrnav Indonesia.

"Koordinasi intensif dengan BMKG dan PVMBG serta stakeholder penerbangan didukung data pengamatan Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC) menunjukkan debu vulkanik Gunung Agung mengarah ke tenggara," tutur Wisnu Darjono, Direktur Operasi AirNav Indonesia, Jumat (1/12/2017).

Meski demikian, area paparannya tidak sampai menutupi ruang udara Lombok, sehingga Bandara Internasional Lombok di Praya bisa kembali beroperasi normal pagi ini. Dengan kembali beroperasinya Bandara Internasional Lombok, penerbangan dari dan menuju ke Lombok kembali dibuka.

"Saat ini penerbangan dari Lombok ke sejumlah destinasi akan kembali berjalan sesuai jadwal, sedangkan penerbangan menuju Lombok sedang dalam proses flight plan. Data lengkapnya sedang dalam proses kompilasi," ungkap Wisnu.

Dia menjelaskan, kondisi cuaca di Bandara Internasional Lombok saat ini cukup kondusif untuk penerbangan. Kecepatan angin saat ini 2 knot dengan jarak pandang 8 km, tanpa gangguan cuaca yang signifikan.

"Patut kita syukuri kedua Bandara Internasional Indonesia yang terdekat dengan Gunung Agung kini kembali beroperasi normal," kata Wisnu.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.