Sukses

Polisi Masih Periksa Ahmad Dhani hingga Jelang Siang Ini

Setelah pemeriksaan selesai nanti, baru akan ditentukan apakah Ahmad Dhani akan ditahan atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Musisi Ahmad Dhani masih menjalani pemeriksaan sebagai tersangka atas kasus ujaran kebencian di Mapolres Metro Jakarta Selatan. Ahmad Dhani sudah diperiksa polisi sejak kemarin.

"Semalam itu kami break pemeriksaan. Karena sudah larut malam, jadi istirahat. Rencananya pagi ini dilanjutkan," kata Pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis saat dihubungi di Jakarta, Jumat (1/12/2017).

Menurut Ali, kliennya menginap kembali menjalani pemeriksaan pada pagi hari ini. Bahkan, kliennya belum sempat pulang ke rumah karena masih diperiksa penyidik hingga tengah malam. Setelah pemeriksaan selesai nanti, baru akan ditentukan apakah Ahmad Dhani akan ditahan atau tidak.

"Sambil nunggu hasil gelar perkara dari penyidik. Abis itu ada hasil antara ditahan atau tidak," ucap Ali Lubis.

Penyidik Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan telah menetapkan musisi senior Ahmad Dhani Prasetyo sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian melalui media sosial, Twitter.

"Ya betul, (Ahmad Dhani sudah ditetapkan sebagai tersangka)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa 28 November 2017 lalu.

Kasus ini bermula kala Ahmad Dhani mengunggah cuitan di akun @AHMADDHANIPRAST pada 6 Maret 2017. Posting-an ini berbunyi, "Siapa saja yang dukung penista agama adalah bxxx yang perlu diludahi mukanya."

Atas cuitannya ini, tiga hari kemudian Ahmad Dhani dilaporkan ke polisi oleh Jack Boyd Lapian, simpatisan Ahok sekaligus pendiri BTP Network. Ahmad Dhani diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memprovokasi

Pelapor Ahmad Dhani atas kasus ujaran kebencian, Jack Lapian menyebutkan, sebenarnya dia merupakan salah satu penggemar pentolan grup band Dewa 19 itu. Hanya saja sikap suami Mulan Jameela itu telah berubah.

"Kalau dulu Beliau menginspirasi, sekarang Beliau memprovokasi," tutur Jack di Polres Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2017).

Menurut dia, Ahmad Dhani lebih piawai di dunia musik dibanding politik. Sebab itu, jika hendak disisipkan ke dunia politik, sangat perlu dibina dengan pendidikan berpolitik dan bernegara.

"Dia emang udah talenta di musik. Kalau masuk ke politik saya pikir bagus, tapi mungkin Pak Prabowo bikin sekolah politik lah buat Beliau. Buatlah sekolah politik yang ekspres buat Ahmad Dhani," jelas Jack.

Selain itu, Jack Lapian juga mengatakan bahwa jelas Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok lah yang dimaksud suami Mulan Jameela itu sebagai penista agama.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.