Sukses

Warga Denpasar Bersihkan Patung Dewa-dewi

Masyarakat di Griya Kongco Tanah Kilap, Denpasar, Bali, membersihkan patung dewa-dewi dan bangunan kongco atau wihara. Ini dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2562 pada 3 Februari mendatang.

Liputan6.com, Denpasar: Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2562 pada 3 Februari mendatang. Warga di Griya Kongco Tanah Kilap, Denpasar, Bali, Jumat (28/1) membersihkan patung dewa-dewi dan bangunan kongco atau wihara.

Warga yang terdiri dari umat Buddha, Konghuchu, dan Hindu ini bergotong royong membersihkan kongco dan sarana persembayangan. Puluhan patung dewa dan dewi yang sebelumnya ada di altar persembahyangan kongco dikeluarkan untuk kemudian dibersihkan.

Patung yang dibersihkan di antaranya patung Dewa Sinsei atau Dewa Pengobatan, patung Dewa Panglima Perang, patung Dewi Laut dan beberapa patung dewa-dewi lain. Semua busana yang sebelumnya dikenakan patung dewa dan dewi dilepas untuk dibersihkan dengan air suci yang diambil dari kongco dan minyak wangi. Warga juga membersihkan bangunan untuk pemujaan Buddha dan Dewi Kwan Im serta bangunan untuk memuja tujuh dewi suci.

Puncak perayaan Imlek ini akan berlangsung pada Selasa (2/2) sejak pukul 24.00 WITA yang akan dihadiri ribuan umat Tridharma Denpasar dan sekitarnya.

Kesibukan serupa juga nampak di Vihara atau kelenteng Cin Te Yen yang memiliki arti kelenteng kebajikan emas. Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di Jakarta yang dibangun sejak 1650. 

Para pengurus serta umat sibuk bersih-bersih dan melakukan perbaikan di kelenteng yang dikenal sebagai kelenteng petak sembilan ini. Tidak hanya bangunan kelenteng, patung dewa-dewi di dalamnya juga ikut dibersihkan.(APY/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.