Sukses

Klarifikasi Emil Dardak soal Disebut Melamar di Pilgub Jatim

Emil Dardak maju untuk mendampingi Khofifah karena mengikuti keinginan para kiai di Jawa Timur. Namanya muncul dalam diskusi para kiai.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menampik dirinya melamar ke partai politik untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Keduanya kini mantap berpasangan untuk berlaga di Pilkada Jawa Timur 2018.

“Ada yang bilang saya maju ini meminta ke Demokrat, termasuk ke Golkar, sampai Demokrat sendiri (bilang) saya yang melamar. Tidak,” kata Emil Dardak kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu (29/11/2017).

Bupati Trenggalek ini menyatakan, ia memutuskan maju untuk mendampingi Khofifah karena mengikuti keinginan para kiai di Jawa Timur. Namanya muncul dalam diskusi para kiai.

“Saya dijodohkan dengan Ibu Khofifah, bukan saya yang melamar,” ucap Emil.

Suami dari artis Arumi Bachsin ini menjelaskan peran partai tidak dominan menentukan nama pendamping Khofifah. Mereka, kata Emil, lebih menyerap aspirasi para kiai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat sebut Emil yang Melamar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut langkah Demokrat yang "membajak" Emil Dardak sebagai bentuk outsourcing. Namun, Partai Demokrat membantah telah membajak kader PDIP.

Demokrat memang memajukan kader PDIP, Emil Dardak, sebagai calon wakil gubernur atau cawagub di Pilkada Jawa Timur (Jatim) mendampingi Khofifah Indar Parawansa.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, hal seperti ini sudah biasa terjadi dalam perpolitikan.

"Itu pandangan yang keliru karena hampir semua partai-partai juga begitu," ujar Syarief Hasan di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Menurut dia, hal terpenting bagi Demokrat dalam memilih pemimpin itu adalah kompetensi dan integritasnya.

"Jadi bukan hanya harus kader sendiri, yang penting itu. Saya bisa menyatakan semua partai juga outsourcing juga," ucap Syarief Hasan.

Tak hanya itu, dia mengaku Emil Dardak yang mengajukan diri dengan mendaftar ke Partai Demokrat untuk maju dalam Pilkada Jatim 2018.

"Setahu saya dia (Emil Dardak) yang melamar. Kalau outsourcing, semua partai juga outsourcing kok. Pengin tahu ya," kata Syarief Hasan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.