Sukses

Zulhas: PAN Kemungkinan Dukung Khofifah, tapi...

Zulhas mengaku belum ada lagi kandidat lain yang berani maju di Pilkada Jatim.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan, minggu ini partainya akan selesai membahas Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. Hingga kini, PAN belum menentukan sosok yang diusung dalam pesta demokrasi tersebut.

"(Untuk) Jatim, nanti malam mau ketemu sama Gus Ipul (Saifullah Yusuf). Kemarin sudah ketemu Khofifah Indar Parawansa. Saya kira minggu ini ngerucut," ujar pria yang karib disapa Zulhas ini di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Ketua MPR ini menyebut, kemungkinan PAN akan mengusung Khofifah Indar Parawansa. Namun begitu, PAN juga akan menemui Gus Ipul terlebih dahulu.

"Kemungkinan Khofifah, tapi nanti malem, saya mau ketemu Gus Ipul, kan boleh nerima orang masak enggak boleh," ucap dia.

Terkait PAN yang disebut-sebut akan membuat poros baru selain Gus Ipul dan Khofifah, Zulhas mengaku belum ada lagi kandidat yang berani maju menjadi calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub).

"Sudah banyak dapat kandidat, tapi enggak berani tuh, kandidatnya udah hampir jadi, enggak berani. Kemungkinan iya memilih dua opsi calon itu (Khofifah atau Gus Ipul)," kata dia.

"Ada cawagub tapi cagubnya enggak ada yang berani. Ini saya ngomong apa adanya ya, kan Ketua MPR enggak bisa pura-pura. Enggak ada yang berani melawan dua cagub itu. Tadi muncul si A enggak berani," imbuh Zulhas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gus Ipul Sambut PKS

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) isyaratkan mendukung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang. Menurut Presiden PKS Sohibul Iman, majelis syuro partainya memang cenderung memiliki chemistry dengan Gus Ipul.

Menanggapi hal tersebut, Gus Ipul mengaku senang dengan adanya keinginan petinggi PKS untuk mendukung dirinya.

"Saya sangat menghormati dan menghargai itu, dan ini tentu membesarkan hati kami," kata Gus Ipul kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Wakil Gubernur Jawa Timur ini berujar, hingga saat ini ia belum pernah bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Namun, komunikasi dengan PKS tetap berjalan lewat DPW PKS Jawa Timur.

"Belum pernah bertemu kalau dengan Pak Sohibul, tapi jika dengan DPW PKS Jatim termasuk yang ada di DPRD Jatim kita sering komunikasi," ujar Gus Ipul.

Presiden PKS Sohibul Iman mengaku tak menutup kemungkinan partainya bakal mendukung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dalam Pilkada Jawa Timur. Menurutnya, keputusan itu berdasar pada pertimbangan Majelis Syuro PKS.

"Sampai saat ini PKS sesuai arahan majelis syuro ingin bersama pilihan Kiai, jadi Kiai kecendrungan secara mayoritas ke Gus Ipul. Besar kemungkinan kita akan itu," kata Sohibul di Silang Monas, Jakarta, Minggu 26 November 2017.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.