Sukses

Luapan Sungai Gerindu, Ratusan Rumah di Pacitan Terendam Banjir

Longsor dan tanah amblas juga terjadi di beberapa wilayah hingga menewaskan tiga orang. Sementara tiga lainnya masih dalam pencarian.

Liputan6.com, Pacitan - Ratusan rumah warga di 16 desa di Kecamatan Kebon Agung, Pacitan, Jawa Timur terendam banjir akibat luapan Sungai Gerindu.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Selasa (28/11/2017), longsor dan tanah amblas juga terjadi di  beberapa wilayah hingga menewaskan tiga orang. Sementara tiga lainnya masih dalam pencarian.

Di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tebing setinggi 15 meter di tepi Sungai Winongo, kawasan Kutuwates longsor. Akibatnya sebuah rumah warga yang berdiri di atas tebing rusak parah. Para penghuni memilih mengungsi karena khawatir longsor susulan datang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman mengimbau warga yang tinggal di tebing atau pinggir sungai, agar lebih waspada terhadap longsor.

Sementara di Jombang, Jawa Timur, warga Desa Kademangan menutup jembatan penghubung antar desa yang longsor, setelah debit air Sungai Pancir meningkat dan terjadi penumpukan sampah.

Tanggul sepanjang 8 meter yang longsor membuat dua rumah warga ambrol dan retak-retak.