Sukses

Bertemu Mendagri Australia, Wiranto Jalin Kerja Sama Bidang Hukum

Wiranto berharap, ke depan kedua negara dapat semakin bekerjasama di bidang counter-terrorism.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkumham) Wiranto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Craig Dutton di Brisbane, Australia, Sabtu (25/11/2017).

Dalam pertemuan itu, Wiranto menyampaikan keinginan pemerintah RI memperoleh informasi dan gambaran lebih jelas terkait struktur Pemerintahan tingkat federal di Australia, menyusul dengan dibentuknya Kementerian dalam Negeri Australia.

"Dengan reorganisasi ini, maka isu-isu keamanan yang selama ini berada di Kejaksaan Agung akan berpindah ke Kementerian Dalam Negeri," ujar Wiranto dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Pertemuan ini juga menegaskan komitmen Indonesia mempererat kerja sama hukum dan keamanan dengan Australia, baik bilateral maupun tataran global," lanjut Wiranto

Wiranto juga menyampaikan keinginan Indonesia agar Australia terlibat aktif dalam forum monitoring implementasi sanksi DK-BB terkait ancaman teroris ISIS di Asia tenggara.

Wiranto berharap, ke depan kedua negara dapat semakin bekerja sama di bidang counter-terrorism, baik dari kerja sama antarpenegak hukum dan kerja sama dalam mengenbangkan sikap moderat dan toleran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalin Kerja Sama Bidang Hukum

"Kami berharap agar kerja sama di bidang hukum dan keamanan yang selama ini telah dijalin dengan Jaksa Agung George Brandis dapat terus dilanjutkan melalui penyelenggaraan Ministerial Council Meeting on Law and Security (MCM) dan penyelenggaraan Sub Regional Meeting on Foreign Terrorist Fighters and Cross Border Terrorism (SRM FTF-CBT)," kata Wiranto.

Hadir dalam pertemuan itu Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Deputi Bidang Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam Lutfi Rauf, Deputi Kerja sama Internasional BNPT, Dirjen Aspasaf Kemenlu, dan DCM KBRI Canberra Derry Aman.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.