Sukses

Ini Gelar Adat untuk Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution diharapkan dapat menjaga nama baik.

Liputan6.com, Medan - Para raja di Mandailing memberkan gelar adat kepada Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Gelar adat diberikan setelah keduanya menjalani prosesi adat Mapangir di Tapian Raya Na Martua, di acara pernikahan adat.

Prosesi dilaksanakan di ruang utama lokasi pernikahan adat di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Nomor 123, Kota Medan, Sumatera Utara.

Bobby diberikan gelar Sutan Porang Gunung Barining Naposo, sedangkan Kahiyang mendapat gelar Namora Pinayongan Kasayangan.

Pemangku adat Mandailing bergelar Patuan Kumala Pandapotan, Pandapotan Nasution mengatakan, keduanya diberi gelar karena Bobby merupakan keturunan Raja Gunung Baringin Nasution dari Tapanuli Selatan.

"Pemberian gelar diharapkan kepada Kahiyang-Bobby dapat menjaga nama baik," kata Pandapotan, Sabtu (25/11/2017).

Setelah memberikan gelar adat, para raja kemudian melemparkan beras kuning kepada Kahiyang Ayu-Bobby Nasution sembari memakaikan ulos. Para raja adat juga mengucapkan Horas, Horas, Horas. Hal ini sebagai tanda gelar adat telah resmi disandang kedua pengantin.

Dilakukan pula pemukulan gong dengan diikuti pemukulan gordang sembilan kali. Tampak hadir Presiden Jokowi dan Ibu Iriana selaku orangtua kandung Kahiyang Ayu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi untuk Kahiyang-Bobby

Presiden Jokowi juga memberikan pesan kepada Kahiyang, selaku anak perempuannya. Didampingi Iriana, Jokowi menyampaikan empat pesan agar dapat rumah tangga sang anak dan suami bahagia.

"Sopan santun yang pertama, karena kalau tidak jaga sopan santun, petaka akan datang," kata Jokowi.

Kedua, manis jangan hanya di mulut saja, tetapi juga di hati. Artinya, kebaikan yang dilakukan adalah kebaikan dengan sepenuh hati. Ketiga, jika ada kemalangan walaupun tidak diundang, wajib upaya untuk datang dan menolong.

"Kalau ada kebahagiaan, kita juga datang. Dan yang keempat, kalau tidak menanam, maka kita tidak akan memetik hasilnya," ungkap Jokowi.

Sebelumnya Jokowi beserta rombongan tiba di lokasi sekira pukul 09.00 WIB. Jokowi masuk melalui pintu VVIP yang terletak di Kompleks OCBC Ringroad, Jokowi beserta rombongan disambut tarian tor-tor yang juga disambut manortor oleh Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesi itu kemudian mengikuti prosesi adat pernikahan adat Kahiyang-Bobby. Sekira pukul 12.00 WIB, Jokowi beserta rombongan meninggalkan lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.