Sukses

Pengukuhan Marga Siregar ke Jokowi, Ditandai dengan Ini

Kahiyang Ayu telah resmi menyandang marga Siregar. Dengan begitu, sang ayah, Jokowi, secara tidak langsung juga bermarga Siregar.

Liputan6.com, Medan - Presiden Joko Widodo rencananya hadir pada gelaran pesta adat Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution di Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Kota Medan, Sumatera Utara. Orang nomor satu di Indonesia itu akan manortor atau menari tortor di hadapan keluarga besar Batak.

Selain manortor, akan ada pula prosesi upah-upah dan peresmian gelar. Tidak ketinggalan pemberian kain ulos bagi keluarga besar Nasution-Siregar.

Kahiyang Ayu sendiri kini telah resmi menyandang marga Siregar. Dengan begitu, sang ayah, Jokowi yang secara tidak langsung juga menyandang marga tersebut.

"Pak Jokowi otomatis jadi marga Siregar," tutur Presiden Siregar Seluruh Dunia, Muhammad Yusuf Siregar, di Bukit Hijau Regency (BHR), Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat, 24 November 2017.

Menurut Yusuf, Jokowi tinggal menjalani prosesi pemberian kain ulos saja. Setelah pengulosan, maka Jokowi resmi bermarga Siregar.

"Kita bisa ulosi supaya resmi bermarga Siregar," jelas dia.

Yusuf berharap punya kesempatan memberi kain ulos kepada Jokowi pada hari ini, Sabtu (25/11/2017). Rencananya prosesi itu akan diselipkan saat rangkaian acara yang dihadiri oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Barang 10 menit untuk mengulosi saja," Yusuf menandaskan.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan

Polda Sumatera Utara memastikan pengamanan pesta adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution berjalan hingga 26 November 2017 mendatang.

Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, pengamanan pesta Kahiyang Ayu-Bobby Nasution mengedepankan preventif, preemtif yang didukung kegiatan intelijen dan gakkum.

"Polda Sumut melibatkan sebanyak 5.514 personel yang terdiri atas satgas Polda 2.139 personel dan satgas wilayah 3.375 personel," kata Nainggolan, Jumat, 24 November 2017.

Disebutkan, pengamanan pesta adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution dilakukan di tujuh objek, yaitu Perumahan BHR sebanyak 373 personel, Hotel Adi Mulya 407 personel, Bandara KNIA 79 personel, Bandara Lanud Soewondo 97 personel, MICC 122 personel, Asrama Haji 47 personel, Bandara Silangit 277 personel.

Kemudian pengamanan di lima rute, yaitu rute KNIA ke Hotel Adimulya 640 personel, Rute Lanud Soewondo ke Hotel Adimulya 231 personel, Rute Lanud Soewondo ke BHR 224 personel, Rute Hotel Adimulya ke BHR 183 personel, Rute MICC ke BHR 583 personel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.