Sukses

Jokowi Ikut Serta dalam Pesta Adat Kahiyang-Bobby Hari Ini

Pesta adat hari ini, adalah Margalanggang. Acara ini, dilakukan setelah Kahiyang-Bobby menjalani berbagai prosesi acara adat.

Liputan6.com, Medan - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi hari ini akan mengikuti proses pesta adat putri mereka, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution, di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara.

Pesta adat hari ini adalah Margalanggang. Acara ini dilakukan setelah Kahiyang-Bobby menjalani berbagai prosesi acara adat, termasuk Maralok-alok.

Menurut salah satu pengetua adat Sutan Raja Pinayungan, Hendrisyah Harahap, prosesi maralok-alok merupakan sidang adat dalam suku Mandailing. Dilaksanakan maralok-alok untuk mendapatkan persetujuan Raja Pasununan dan raja-raja lainnya.

"Agar prosesi upacara adat Kahiyang dan Bobby mendapatkan izin untuk dilaksanakan," kata Hendrisyah, Jumat, 24 November 2017.

Disebutkannya, dalam Mandailing selain secara hukum dan agama, perlu dilakukan pula prosesi upacara untuk menyempurnakan adat tersebut. Jika disetujui, pelaksanaan upacara adat akan dilakukan hari ini, Sabtu (25/11/2017).

Sebelum dilaksanakan prosesi upacara adat, perlu diadakan prosesi Maralok-alok untuk menyampaikan maksud keluarga. Permintaan keluarga dibahas para raja. Melalui Raja Panusunan diputuskan apakah permintaan keluarga dapat diterima atau tidak.

Bertindak sebagai Raja Panusunan adalah Pandapotan Nasution, menyutujui permintaan keluarga Bobby untuk melaksanakan upacara pernikahan adat Kahiyang-Bobby. Keputusan Raja Panusunan ini dilakukan setelah mendengar pendapat dari berbagai raja-raja yang hadir.

Kemudian, menggunakan bahasa Mandailing, Raja Panusunan menanyakan beberapa pertanyaan kepada para raja yang hadir yang berkenaan dengan persetujuan. Serentak para raja menyambut dengan dengan kata-kata "Olo, olo, olo", yang artinya setuju.

"Usai mendengar persetujuan, Raja Panusunan mengakhiri pembacaan keputusannya dengan teriakan Horas sebanyak tiga kali," terang Hendrisyah.

Selaku perwakilan keluarga Bobby, Darmin Nasution mengucapkan terima kasih sekaligus menutup sidang adat. Keputusan juga sekaligus dukungan dari segenap raja-raja di Sumut untuk ikut menyukseskan serangkaian proses pernikahan adat Kahiyang-Bobby.

Apalagi, pesta adat Kahiyang-Bobby termasuk dalam adat besar, karena latar belakang Bobby yang merupakan keturunan Raja Gunung Baringin Nasution dari Tapanuli Selatan. Dengan keputusan tersebut, maka upacara pernikahan adat Kahiyang Siregar dan Bobby Nasution akan dilangsungkan.

Setelah semua rangakaian dan upacara adat selesai, dilanjutkan dengan acara resepsi umum yang dilakukan pada Minggu, 26 November 2017. Dalam resepsi itu nantinya akan digelar kirab budaya dengan menggunakan kereta kencana yang dihadiri langsung orang tua Kahiyang, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.