Sukses

Arti Kerbau dalam Prosesi Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Liputan6.com, Medan - Prosesi adat Kahiyang Ayu Siregar - Bobby Nasution resmi dibuka. Prosesi diawali dengan pemotongan sepuluh kerbau secara simbolis.

Apa makna kerbau dalam prosesi adat Mandailing tersebut?

Menurut salah satu tetua adat, Pandapotan Nasution, Gelar Patuan Kumala Pandapotan atau proses adat pemotongan kerbau disebut juga Manalpokan lahan ni horja.

"Dalam suku Mandailing, kerbau merupakan simbol tertinggi dalam adat, karena acara ini adalah acara besar," ujar Pandopotan di Medan, Jumat (24/11/2017).

Pantauan Liputan6.com, pemotongan kerbau dilaksanakan pukul 06.20 WIB. Satu kerbau disiapkan dan dibalut dengan ulos. kerbau tersebut dibawa dengan sebuah mobil bak terbuka sempat memberontak saat diturunkan dari mobil.

Saat disembelih, kepala kerbau menghadap ke arah kiblat (barat). Penyembelihan juga disaksikan para keluarga dan petua-petua adat suku Mandailing yang hadir. Acara ditutup dengan beberapa sambutan oleh tetua adat.  

Kemudian dilanjutkan dengan sidang adat dan manortor pada pukul 08.00 WIB. Sementara, di luar lokasi acara, di seputaran Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) telah disterilkan oleh pihak keamanan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kerbau disembelih di halaman sekitaran lokasi acara.

Awalnya 10 kerbau akan dipotong. Hanya saja karena melihat kondisi, maka prosesi ritual hanya dilakukan secara simbolis dengan menggunakan satu kerbau saja.

Kepala kerbau menjadi persembahan dengan derajat paling tinggi dalam tradisi budaya Batak. Hal itu juga disebut sebagai simbol keagungan.

Saksikan video di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Gordang Sambilan

Setelah penyembilan kerbau, acara adat pada rangkaian prosesi Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan, Sumatera Utara, pada Jumat pagi ini adalah Manyantan Gordang Sambilan, dilanjutkan dengan membuka galang-galang dan menari tortor.

Berdasarkan runtutan acara, pengisi kedua acara adat ini adalah Harojoan, Notoras, Tukang Gondang, Suhut, Anak Boru, dan Raja Mandailing.

Sementara dari informasi yang diterima Liputan6.com dari lokasi acara, sudah berlangsung sidang minta restu. Pesta adat sudah dimulai.

Dari keluarga-keluarga Nasution sedang menari tortor. Foto-foto yang beredar di kalangan wartawan pun memperlihatkan situasi yang sama.

Tokoh adat Nasution diminta membuka pesta adat pagi ini. Setelah itu, akan dilakukan marhalok-halok guna membicarakan acara untuk malam ini dan malam selanjutnya.

"Akan ada juga acara tor-tor dari Surut, Anak Boru, Pihak Raja-Raja," kata Doli. Omongan ini persis seperti yang ada di foto tersebut.