Sukses

Pesta Adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Diawali Potong Kerbau

Awalnya 10 kerbau akan dipotong. Tapi melihat kondisi, maka prosesi ritual hanya dilakukan secara simbolis di acara pesta Kahiyang-Bobby.

Liputan6.com, Medan - Pesta adat acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu Siregar - Bobby Nasution dimulai sejak pagi hari.

Berdasarkan susunan acara yang dibagikan oleh tim media, potong kerbau menjadi agenda pembuka dari rangkaian pesta tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (24/11/2017), sekitar pukul 06.30 WIB lantunan musik khas Mandailing mulai mengalun. Tabuhan gondang dan alat musik pukul lainnya menggema di sekitaran pintu masuk VVIP lokasi acara, Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Kot Medan, Sumatera Utara.

Grup Kesenian Mandailing Gunung Kulabu Pakantan terlihat memainkan alat musik itu di bawah tenda putih dekat dengan pintu keluar tamu undangan.

Masuk pukul 07.00 WIB, mereka berhenti sejenak dan berjalan masuk ke kediaman keluarga Bobby Nasution sambil masih memainkan musik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Kerbau

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kerbau disembelih di halaman sekitaran lokasi acara.

Awalnya 10 kerbau akan dipotong. Hanya saja melihat kondisi, maka prosesi ritual hanya dilakukan secara simbolis dengan menggunakan satu kerbau saja.

Kepala kerbau menjadi persembahan dengan derajat paling tinggi dalam tradisi budaya Batak. Hal itu juga disebut sebagai simbol keagungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.