Sukses

Kereta Kencana dari Solo untuk Kirab Kahiyang-Bobby Tiba di Medan

Rute yang akan dilalui untuk kirab ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution jaraknya sekitar 2,6 kilometer.

Liputan6.com, Medan - Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan Mayor Jenderal Cucu Somantri menyatakan, tujuh kereta kencana dari Solo, Jawa Tengah, yang akan dipakai untuk kirab ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution telah tiba di Kota Medan, Sumatera Utara.

Sedangkan para kusir dan kuda-kuda yang akan menarik kereta kencana saat ini sedang istirahat. Kondisi kuda dipastikan baik karena sudah dilakukan tes kesehatan oleh Tim Kesehatan Gabungan TNI-Polri.

"Kuda-kudanya sudah tiba. Kusir-kusirnya juga, sehat semua," kata Cucu, di Medan, Kamis (23/11/2017).

Selain kereta kencana dari Solo, juga ada 15 delman yang didatangkan dari Berastagi, serta 50 becak bermotor asli Medan. Kereta kencana, delman, dan becak bermotor, akan digunakan dalam kirab budaya yang akan mengarak pasangan Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution dari MICC Jalan Gagak Hitam/Ringroad menuju Perumahan BHR Jalan Setia Budi.

"Rute sudah kita evaluasi untuk kirab. Rute yang akan dilalui jaraknya sekitar 2,6 kilometer," terang Pangdam.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw menambahkan, untuk seleksi pengemudi bentor sudah dilakukan pengetesan urine kepada pengemudinya. Seleksi juga dilakukan terlebih dahulu.

"Sejauh ini belum ada laporan yang positif narkoba," ujar dia.

Rencananya, kirab budaya acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution akan berlangsung pada Minggu, 26 November 2017, dan akan ditampilkan kebudayaan yang ada di Sumatera Utara. Untuk panjang barisan dalam pawai kirab sekitar 800 meter. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebar 2.000 Undangan

Pada Minggu 26 November nanti, akan berlangsung prosesi kirab. Pemilik Focus Wedding Planner, yang menangani seluruh rangkaian ngunduh mantu Presiden Jokowi, Muhammad Fauzi, mengatakan kirab ini merupakan permintaan dari keluarga besar Bobby Nasution.

Kirab digelar agar masyarakat Medan bisa ikut merasakan kebahagian yang tengah dirasakan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, karena memang jumlah undangan amat terbatas.

"Kita hanya menyebar 2.000 undangan, itu berarti sebanyak 4.000 orang saja," kata pria yang disapa Bang Ojie kepada Liputan6.com di Medan International Convention Centre, Jalan Gagak Hitam, Medan, Rabu (22/11/2017).

Jika kirab pernikahan Kahiyang-Bobby di Solo menggunakan kereta kuda, kirab di Medan rencananya akan melibatkan andong sebanyak 19 unit dan becak motor (bentor) 50 unit.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.