Sukses

Pertemuan Jokowi dan PM Malaysia Bahas 4 Bidang Kerja Sama

Selain empat isu utama pembahasan Indonesia Malaysia juga sepakat menjalin kerja sama di bidang Pendidikan Tinggi Islam.

Fokus, Malaysia Presiden Joko Widodo bersama rombongan tiba di Kuching, Malaysia untuk menghadiri acara konsultasi tahunan ke-12 antara Indonesia dengan Malaysia, Rabu 22 November 2017.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Kamis (23/11/2017), ada empat hal utama yang dibahas dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia, Mohamad Najib Abdul Razak. Di antaranya penguatan kerja sama ekonomi, perlindungan WNI, dan ketenagakerjaan, hak pendidikan bagi anak-anak pekerja WNI, isu perbatasan, dan terakhir membahas masalah pertahanan dan keamanan kedua negara.

Namun, yang menjadi perhatian penting kedua pemimpin negara serumpun itu adalah kesepakatan untuk meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan dengan pos gabungan demi mencegah masuknya kejahatan narkoba maupun teroris. Selain empat isu utama pembahasan, Indonesia Malaysia juga sepakat menjalin kerja sama di bidang Pendidikan Tinggi Islam.

Sejumlah menteri yang kementeriannya nanti berhubungan dengan kesepakatan kerja sama ini disertakan presiden dalam pertemuan kemarin. Di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Mendikbud Muhadjir Effendi serta Kepala BKPM Thomas Lembong.