Sukses

Nasihat Gubernur Sumut untuk Kahiyang Ayu Siregar

Gubernur Sumut mendoakan agar pasangan Bobby-Kahiyang menjadi keluarga yang rukun.

Liputan6.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, yang bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar, memberi nasihat kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu yang telah resmi bermarga Siregar.

Penabalan marga dilakukan melalui sidang adat di kediaman paman Bobby, Doli Sinomba Siregar di Jalan Suka Tangkas, Medan. Seluruh raja-raja hadir di sidang adat, dan Erry diminta memberikan kata sambutan di acara tersebut

"Khusus kepada keluarga besar Almarhum Erwin Nasution, kami merasa senang dan bangga atas kehadiran raja-raja yang hadir dari berbagai daerah, termasuk mora, kahanggi dan anak boru," kata Erry, Medan, Selasa (21/11/2017).

Sebelum Kahiyang Ayu dinobatkan sebagai Boru Siregar oleh raja adat dari marga, Erry menyampaikan sebagai putra Sumut yang dianggap bagian dari keluarga besar Siregar, turut mendukung agar Raja Panusunan Bulung Siregar dapat merestui Putri Presiden Joko Widodo itu memakai marga Siregar.

"Kami dari Raja Sipirok mendukung agar Raja Panusunan Bulung dapat merestui dengan setulus hati. Kami berharap setelah penabalan marga, Kahiyang dapat menjiwai sebagai Boru Regar (Siregar). Mudah-mudahan juga mencintai Sumut," ucap dia.

Erry mendoakan agar pasangan Bobby-Kahiyang menjadi keluarga yang rukun, dan kerukunan senantiasa terbina antara pasangan pengantin dengan seluruh keluarga, saudara, sahabat dan masyarakat, dan tentunya menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah sebagai pasangan yang diridhai Allah SWT.

"Apalagi saat ini, Kahiyang menjadi bagian dari keluarga besar warga Sumut, sehingga merupakan satu hal yang membanggakan," ungkap Erry.

Sejumlah raja-raja yang mewakili berbagai marga seperti Hasibuan, Harahap, Dalimunthe, Nasution, Rangkuti, Siregar dan lainnya juga menyampaikan hal senada. Mereka tidak keberatan dan mendukung pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.

"Kami sampaikan kepada Raja Panusunan Bulung, agar Bapak Joko Widodo juga diberikan Marga Siregar, karena wajar dan otomatis ayahanda Kahiyang diberikan Siregar walaupun saat ini beliau tidak hadir," sebut Chairuman Harahap mewakili marganya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersyukur

Kahiyang Ayu Siregar dalam kesempatan itu tak lupa bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat.

Turut hadir saat sidang adat pemeberian marga kepada Kahiyang Ayu seperti Menko Perekonomian Darmin Nasution. Dirinya duduk mendampingi Bobby sebagai perwakilan keluarga bersama Erwan Nasution, adik kandung almarhum ayahanda Bobby Nasution.

"Karena ibu Bobby boru Siregar, jadi keluarga Nasution datang ke rumah Siregar minta supaya diberi marga Siregar kepada Kahiyang," teranf Darmin.

Usai dinobatkan bermarga Siregar, Kahiyang Ayu diarak menuju halaman rumah untuk dilakukan prosesi adat upah-upah dengan tari tor-tor persembahan oleh raja-raja adat Mandailing, termasuk Raja Panusunan Bulung Siregar.

Selanjutnya kedua pasangan suami istri itu diantar menuju kendaraan untuk dilepas menuju kediaman marga Nasution yang terletak di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan. Pelepasan disaksikan ratusan undangan dan warga sekitar yang antusias hadir sejak pagi hari.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.