Sukses

Gunung Agung Meletus, 29 Ribu Jiwa Mengungsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali meletus. Asap kelabu tebal membumbung 700 meter ke angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali meletus. Asap kelabu tebal membumbung 700 meter ke angkasa. Akibatnya, puluhan ribu jiwa mengungsi.

Kepala Pusat Data Infornasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ada 29.245 jiwa yang mengungsi dari Gunung Agung hingga Selasa (21/11/2017) malam.

"Saat ini jumlah pengungsi Gunung Agung sebanyak 29.245 jiwa di 278 titik pengungsian. BNPB terus melakukan koordinasi dengan PVMBG," tulis Sutopo dalam pesan tertulisnya, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, BNPB bersama BPBD dan unsur terkait terus menyiapkan upaya penanganan pengungsi Gunung Agung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Letusan Pertama

Gunung Agung meletus sejak pukul 17.05 Wita. Hingga kini, letusan itu masih berlangsung, dengan asap kelabu tebal yang bertekanan sedang hingga tinggi maksimum 700 meter di atas puncak.

"Abu letusan bertiup ke arah Timur-Tenggara," kata Kepala Pusat Data Infornasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan, Selasa (21/11/2017).

Dia mengatakan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menganalisis aktivitas vulkanik. Status tetap Siaga atau level 3.

"Dari aktivitas vulkanik belum menunjukkan adanya lonjakan kenaikan kegempaan. Tremor Non-Harmonik sebanyak satu kali dengan amplitudo 2 mm dan durasi 36 detik. Gempa vulkanik dalam sebanyak dua kali dengan amplitudo 5-6 mm dan durasi 8-26 detik," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.