Sukses

Kahiyang Ayu Menari Tortor di Depan Bobby Nasution

Alunan musik tradisional sarat makna pun mengiringi lenggak tangan dan tubuh Kahiyang Ayu.

Liputan6.com, Medan - Rangkaian acara akhir dari prosesi pemberian marga bagi putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu adalah manortor atau menari tortor. Putri satu-satunya orang nomor satu di Indonesia itu memperagakan tarian di depan suaminya, Bobby Nasution.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (21/11/2017), Kahiyang Ayu Boru Siregar tampak tersipu malu saat pamer tari tortor bersama dengan keluarga suaminya. Dia berdiri bersama dengan kerabat Bobby lainnya dari berbagai usia.

Alunan musik tradisional sarat makna pun mengiringi lenggak-lenggok tangan dan tubuh Kahiyang. Tarian itu dipersembahkan juga oleh pihak dari paman dan ibu-ibu keluarga Bobby Nasution.

Kahiyang Ayu juga terlihat khusyuk mengikuti lantunan musik selaras dengan gerakan keluarga yang mendampingi. Raut mukanya sesekali berubah serius seakan berhati-hati agar gerakannnya tetap benar.

Kahiyang Ayu telah resmi menerima marga Siregar. Penabalan itu ditandai dengan pemberian sejumlah barang dalam prosesi ritual, salah satunya keris.

Kakak sepupu dari salah satu paman Bobby Nasution, Latifah Hanum menyampaikan, keris yang diberikan tersebut dibalut dengan kain kuning. Maknanya adalah perisai pelindung untuk Kahiyang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalani Ritual

"Ini diberikan setelah setelah resmi jadi Boru Siregar," tutur Latifah di Jalan STM, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dalam rangkaiannya, Kahiyang Ayu menjalani ritual upah-upah dengan kepala kerbau, nasi dan daging kerbau, kemudian pemberian keris atau sahat mara. Kerbau merupakan upah-upah paling tinggi.

"Kepala kerbau ini simbol kemakmuran," jelas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.