Sukses

Resmi Bermarga Siregar, Kahiyang Ayu Pulang ke Rumah Mertua

Kahiyang Ayu mengungkapkan rasa terima kasih kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat.

Liputan6.com, Medan - Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, menjalani manortor pertamanya setelah resmi menyandang boru Siregar. Usai manortor, Kahiyang dilepas menuju rumah mertuanya di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara.

Mengenakan kebaya pink muda dan kain songket, Kahiyang manortor bersama para boru Siregar lainnya tanpa didampingi sang suami, Bobby Nasution.

Seorang perwakilan raja adat, Chairuman Harahap, menyatakan tidak didampinginya Kahiyang dalam manortor oleh Bobby, karena keduanya belum melakukan acara adat sebagai suami-istri. Pesta adat Kahiyang-Bobby dilaksanakan pada 24-25 November 2017.

"Kenapa begitu? Karena mereka belum mengikuti acara adat," kata Chairuman, Selasa (21/11/2017).

Dijelaskan, makna manortor yang dilakukan Kahiyang sebagai ungkapan rasa syukur karena telah menjadi keluarga besar Siregar. Manortor juga dilakukan untuk melepas Kahiyang sebagai anak perempuan Siregar ke rumah mertuanya.

"Dia menari dengan teman-temannya sebelum dilepas ke rumah mertuanya," jelasnya.

Kahiyang-Bobby selanjutnya dilepas keluarga Doli Siregar. Keluar dari rumah, Kahiyang tampak mengenakan bulang perempuan atau topi adat Mandailing untuk pengantin wanita serta membawa paropa atau bekal untuk dibawa ke rumah mertua.

Sebelumnya, ditandai dengan pemukulan gondang sebanyak tiga kali dan lemparan beras kuning, Kahiyang Ayu resmi menjadi Kahiyang Ayu Boru Siregar dengan pemberian sertifikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senyum Sumringah Kahiyang

Usai diberikan marga, senyum sumringah terpancar dari wajah putri Presiden Jokowi tersebut. Kahiyang juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat.

"Terima kasih, semoga saya bisa mengamalkan yang disampaikan para raja-raja. Dengan ini, semoga kami bisa menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warrahmah," ucap Kahiyang.

Dalam pemberian marga tersebut, Kahiyang didudukkan di atas pelaminan yang sudah disediakan keluarga paman Bobby, yaitu Doli Sinomba Siregar, sekaligus pemilik rumah tempat dilangsungkannya acara, di Jalan Suka Tangkas Nomor 17, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

Suami Kahiyang, Bobby Nasution, saat diminta memberikan kata sambutan, juga menyampaikan rasa terima kasih kepada raja-raja, terutama pamamnya, yang ia panggil Tulang Doli, yang sudah memberikan marga ke istrinya.

"Semoga marga yang diberikan kepada Kahiyang, istri saya, bisa dijaga dengan baik," ungkapnya. 

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.