Sukses

Usai Diberi Marga, Ini Ungkapan Kahiyang Ayu Siregar

Liputan6.com, Medan - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu resmi bermarga Siregar. Tersenyum semringah, istri dari Bobby Nasution itu menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat.

"Terima kasih, semoga saya bisa mengamalkan yang disampaikan para raja-raja. Dengan ini, semoga kami bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah," ucap Kahiyang Ayu, di Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/11/2017).

Dalam pemberian marga tersebut, Kahiyang didudukkan di atas pelaminan yang sudah disediakan keluarga paman Bobby, yaitu Doli Sinomba Siregar, sekaligus pemilik rumah tempat dilangsungkannya acara, di Jalan Suka Tangkas Nomor 17, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

Ketika diminta memberi sambutan, suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution menyampaikan rasa terima kasih kepada raja-raja, terutama pamannya, yang ia panggil Tulang Doli, yang sudah memberikan marga ke istrinya.

"Semoga marga yang diberikan kepada Kahiyang, istri saya, bisa dijaga dengan baik," ucap Bobby.

 

1 dari 2 halaman

Resmi Bermarga Siregar

Sebelumnya, Kahiyang-Bobby terlebih dahulu mengikuti prosesi upa-upa yang diakhiri dengan suap-suapan nasi dan lauk daging kerbau. Kahiyang diupah-upah dengan kepala kerbau, nasi dan daging kerbau, serta keris atau sahat mara.

Kakak sepupu Doli Sinomba Siregar, yang juga bibi Bobby, Latifah Hanum, menjelaskan, kerbau adalah upa-upa paling tinggi, di mana kepala kerbau merupakan simbol kemakmuran. Sementara keris yang dibalut kain kuning bermakna agar menjadi perisai bagi Kahiyang.

"Keris diberikan setelah resmi jadi boru Siregar. Satu kerbau dipotong di rumah Doli kemarin," kata Latifah Hanum.

Disebutkan, nantinya Kahiyang akan diberikan abit Batak (ulos) yang selanjutnya dilakukan prosesi manortor para raja. Sebelum pulang, Kahiyang akan ikut manortor dengan Bobby yang kemudian baru dibawa pulang.

"Ditandai dengan pemukulan gondang sebanyak tiga kali, Kahiyang resmi menjadi Kahiyang Ayu Boru Siregar," Latifah menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: