Sukses

Antusiasnya Warga Saksikan Pemberian Marga Siregar bagi Kahiyang

Pemberian marga Siregar kepada Putri Jokowi, Kahiyang Ayu, masih berlangsung dan diperkirakan selesai dalam beberapa jam ke depan.

Liputan6.com, Medan - Prosesi adat pemberian marga Siregar kepada putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, menarik perhatian masyrakat. Warga yang bermukim di sekitar lokasi pemberian marga, di Jalan Suka Tangkas Nomor 17, Kota Medan, berbondong-bondong memadati lokasi acara.

Seorang warga benama Nur Aliah Siregar‎ mengaku bangga atas pemberian marga Siregar kepada Kahiyang. Menurutnya, marga Siregar akan lebih terkenal di Indonesia bahkan dunia setelah disematkan pada putri orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Bangga saya, marga Siregar terangkat setelah diberikan kepada Kahiyang," kata Nur, Selasa (21/11/2017).

Nur mengungkapkan, usai menjemput anaknya pulang sekolah, ia langsung ke lokasi acara pemberian marga untuk menyaksikannya. Tidak hanya Nur, warga lainnya bernama Risna Siregar juga ikut memadati lokasi pemberian marga Siregar untuk Kahiyang.

"Ingin melihat langsung acara adat pemberian marga Siregar kepada Kahiyang. Pemberian marga Siregar kepada anak Jokowi, buat saya bangga," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuntas Beberapa Jam ke Depan

Pemberian marga Siregar kepada Putri Jokowi, Kahiyang Ayu, masih berlangsung dan diperkirakan selesai dalam beberapa jam ke depan. Setelah sambutan dari para raja, Kahiyang diupah-upah dengan kepala kerbau, nasi, dan daging kerbau, serta keris atau sahat mara.

Bibi Bobby Nasution, Latifah Hanum menjelaskan, kerbau adalah upah-upah paling tinggi, di mana kepala kerbau merupakam simbol kemakmuran. Sementara keris yang dibalut kain kuning bermakna agar menjadi perisai bagi Kahiyang.

"Keris diberikan setelah resmi jadi boru Siregar. Satu kerbau dipotong di rumah Doli kemarin," kata Latifah Hanum, Selasa (21/11/2017).

Nantinya Kahiyang akan diberikan abit Batak (ulos) yang selanjutnya dilakukam prosesi manortor para raja. Sebelum pulang, Kahiyang akan ikut manortor dengan Bobby yang kemudian baru dibawa pulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini