Sukses

Pemulung Sabet Penghargaan Pendidikan PAUD Tingkat Nasional

Berjasa tingkatkan layanan PAUD Joseph Orem Blikololong raih penghargaan dari ibu negara, Iriana Joko Widodo.

Fokus, Jakarta - Seorang pemulung mendapatkan anugerah pendidikan anak usia dini (PAUD) tingkat nasional dalam peringatan hari anak sedunia. Sementara sejumlah anak di berbagai daerah diajak mengisi hari anak sedunia yang jatuh pada hari ini dengan berbagai kegiatan.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (20/11/2017), di Jakarta ibu negara Iriana Joko Widodo memberikan anugerah PAUD tingkat nasional tahun 2017 di Kota Tangerang, Banten. Pemberian anugerah ini ditujukan kepada pihak-pihak yang berperan bagi peningkatan akses dan layanan pendidikan anak usia dini atau PAUD di Indonesia.

Salah satu penerima penghargaan adalah seorang pemulung bernama Joseph Orem Blikololong. Walaupun berpengasilan pas-pasan, warga Kecamatan Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur ini tak putus asa dalam mendirikan sekolah PAUD gratis bagi anak kurang mampu.

Dengan penghargaan ini, Joseph berharap kepedulian pemerintah terhadap perkembangan sekolah PAUD di pelosok bisa lebih nyata.

Sementara itu, para murid di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Desa Purwosari, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melakukan aktivitas alam. Momentum hari anak sedunia ini dimanfaatkan pihak sekolah untuk mengajak siswa bercocok tanam. Selain belajar cara menanam, para murid-murid juga diajarkan memetik buah pepaya.

Sedikit berbeda dengan para murid di Sleman, Yogyakarta. Tetap dengan semangat yang sama, para siswa TK dan SD di Sleman, Yogyakarta, diajak memperingati hari anak sedunia dengan berpartisipasi dalam lomba menghias gerabah.

Selain memberikan sarana kreativitas pada anak, lomba juga digelar untuk mendorong anak agar bisa memanfaatkan barang bekas di rumahnya menjadi barang yang berguna.