Sukses

Begini Upacara Kenaikan Pangkat Prajurit TNI Pembebas Sandera

Panglima TNI Gatot Nurmantyo naikkan pangkat 57 prajurit TNI yang telah membebaskan ratusan sandera dari kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Liputan6.com, Timika - Panglima TNI Gatot Nurmantyo memberikan kenaikan pangkat kepada 57 prajurit TNI yang telah membebaskan ratusan sandera dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Tembagapura, Timika, Papua, Minggu 19 November 2017. Para prajurit terdiri dari satuan Kopassus, Ton Taipur Kostrad, dan 751 Raider.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Senin (20/11/2017), kenaikan pangkat diberikan di Kampung Utikini, Tembagapura. Kampung ini sebelumnya merupakan bekas markas KKB.

Mestinya, 62 prajurit mendapat kenaikan pangkat. Namun, lima perwira menolak secara halus dengan menyatakan keberhasilan operasi merupakan jerih payah anak buah mereka.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengapresiasi TNI yang sukses menggelar operasi pembebasan sandera tanpa menimbulkan korban. Tito juga meminta warga yang sudah dievakuasi tidak kembali ke lokasi tersebut karena bisa menciptakan masalah sosial baru.

Kapolri juga memastikan, Polri dan TNI telah bersepakat akan terus memburu KKB di Papua. Operasi akan dilanjutkan bersama-sama karena kelompok tersebut masih berpotensi menjadi ancaman.