Sukses

Ini Prosesi Haroan Boru Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution tiba di Kompleks Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara, Minggu 19 November 2017.

Liputan6.com, Medan - Putri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution tiba di Kompleks Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara, Minggu petang, 19 November 2017. Kedatangan keduanya langsung disambut ritual adat Haroan Boru atau kedatangan menantu wanita oleh keluarga besar mendiang Erwin Nasution.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Senin (20/11/2017), dengan mengenakan gaun pengantin berwarna biru tosca Kahiyang Ayu berjalan diapit dua tante Bobby Nasution. Sementara di belakangnya, Bobby berjalan didampingi dua pamannya.

Kedatangan pasangan Kahiyang dan Bobby diiringi dua parmoncak berpedang dengan alunan musik tradisional Mandailing yaitu gondang dua. Atraksi parmoncak sebagai pengiring pasangan pengantin memiliki simbol kegagahperkasaan dalam filosofi adat yang dipegang teguh oleh raja-raja Mandailing.

Setibanya di rumah, pasangan suami istri ini kemudian menginjak pelepah pisang. Hal ini diartikan sebagai bentuk kesejukan dalam membina rumah tangga.

Pasangan yang menjalani akad nikah di Solo pada 8 November lalu selanjutnya didudukkan di atas tikar raja berlapis tujuh. Keduanya dihadapkan kepada raja-raja dan tetua adat Mandailing. Di sinilah Kahiyang menjalani ritual Manyantan Boru.

Manyantan Boru merupakan prosesi penerimaan pengenalan dan penyambutan seorang perempuan untuk dihadapkan kepada adat. Dalam prosesi ini keluarga menyuguhi makanan manis pada menantu perempuan saat pertama kali tiba di rumah mertua.

Kendati demikian, prosesi Haroan Boru Kahiyang Ayu ini berlangsung tertutup. Seluruh rangkaiannya dipimpin tokoh adat yang dipercaya memberikan wejangan kepada seluruh keluarga.