Sukses

Ikuti Prosesi Haroan Baru, Kahiyang-Bobby Jalani Ritual Ini

Di pintu rumah orangtua Bobby, disiapkan berbagai jenis tumbuhan seperti batang pisang, yang harus diinjak Kahiyang ketika memasuki rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Afif Nasution mengikuti prosesi adat Haroan Boru yang digelar di kediaman orangtua Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan.

Bertolak dari Hotel Adimulia, di Jalan Diponegoro, Medan, Kahiyang dan Bobby mengikuti prosesi acara adat Haroan Boru. Keduanya kompak mengenakan pakaian biru muda dengan menumpangi Toyota Alphard dengan plat BK 11 RI. 

Sementara di lokasi tempat dilaksanakannya Haroan Boru, keluarga besar Bobby sudah menyiapkan rangkaian proses adat tersebut. Di lokasi, terlihat Sanggar Musik Gunung Kulabu Pakantan, sanggar musik Mandailing. Mereka mulai memainkan alat musik seperti gong, gordang dan yang lainnya. Mereka beraksi di dekat pintu masuk rumah orangtua Bobby.

Pemilik Sanggar Musik Gunung Kulabu Pakantan Bakti Lubis, mengatakan, Haroan Boru adalah acara adat pertama yang dilaksanakan untuk menerima kedatangan pengantin di kediaman orangtua Bobby.

"Sebelum menikah dengan Bobby, putri Bapak Jokowi dan Ibu Iriana, Kahiyang sudah beberapa kali berkunjung ke rumah orangtua Bobby. Namun hari ini adalah hari pertama Kahiyang sebagai istri Bobby berkunjung ke rumah mertuanya," kata Bakti, Minggu (19/11/2017).

Bobby dan Kahiyang Ayu sendiri, tiba di depan pintu rumah orangtua Bobby, dengan disambut tuan rumah, Ade Hanifah Siregar, Ibunda Bobby.

Oleh Ade Hanifah, Kahiyang Ayu dan Bobby dituntun masuk ke rumah, kemudian didudukkan di tempat yang telah disediakan.

Di pintu rumah, telah disiapkan berbagai jenis tumbuhan antara lain batang pisang, yang harus diinjak Kahiyang ketika memasuki rumah. Batang pisang sendiri perlambang keinginan agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duduk di Amak Lampisan

Di dalam rumah, Bobby dan Kahiyang didudukkan di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis. Maka acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan baik yang disampaikan keluarga dari Solo maupun keluarga dari Medan.

Inti kata sambutan keluarga yang ada di Medan ialah menyatakan kegembiraan serta mengucap syukur pernikahan di Solo telah berjalan dengan baik.

Sesudah beberapa kata sambutan, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disuguhkan beberapa jenis makanan adat seperti “Itak yang pakai santan” dan makanan lainnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.