Sukses

Vlog Jadi Magnet Untuk Anak Muda Berkarya

Banyak cara yang bisa dilakukan anak muda untuk menyebarkan konten positif di internet.

Liputan6.com, Jakarta Video Blog (Vlog) kini tengah digandrungi oleh generasi milineal. Tak pelak, banyak anak muda zaman sekarang berlomba-lomba membuat konten yang menarik. Salah satunya membuat konten positif.

Salah satu Vlogger yang sedang naik daun ialah Dinda Kirana. Dinda menjadikan kanal YouTube sebagai diary. Dia berbagi cerita dan informasi penting dan positif kepada para pelanggan kanalnya.

Dinda yang biasa disebut warganet kerap membuat konten menarik yang berisi travelling, mulai dari pengalaman makan gurita, melancong ke berbagai negara, seperti Bangkok dan Korea.

Tentu pengalamannya sebagai traveller ditumpahkan ke dalam Vlog dan membuat banyak orang tertarik untuk melihat hasil perjalanannya.

Namun, sebelum itu, apa sih rahasia Dinda Kirana sehingga berhasil populer dalam waktu yang relatif singkat?

“Gunakan media sosial untuk karya yang positif,” ujar Dinda ketika hadir dalam seminar ‘Sosialisasi Literasi Cerdas Bermedia Sosial’, di Makassar, Sabtu (11/11/2017).

Mengenai Vlog, lanjut Dinda, karya yang positif akan mampu menarik minat banyak orang, dan mereka akan dengan senang hati membagikannya kembali kepada orang lain. Ia berpendapat, cerita perjalanan merupakan salah satu favorit Dinda karena bisa membantu orang lain yang juga hendak melakukan perjalanan ke suatu tempat. Sama halnya dengan ulasan makanan

“Perlu diperhatikan penampilan dan gaya kita bermedsos. Jangan Cuma fokus pada objek. Kemasannya bagaimana? isinya bagaimana?,” ujar Dinda.

Dinda mengaku memproduksi sendiri video-video di dalam kanal YouTube-nya. Hal itu mengharuskannya untuk belajar teknik mengambil gambar, editing dan proses membuat vlog.

“Kalau mengelola sendiri itu rasanya lebih puas. Pesan-pesan kita sampai kepada penonton,” imbuh Dinda.

Dalam seminar tersebut, Dinda menyarankan agar mereka mencari contoh (role model) untuk dijadikan inspirasi. Dengan begitu, generasi muda bisa mencotoh cara dia mengemas informasi yang membuatnya jadi sosok tenar di jagat media sosial.

Perlu diketahui, seminar yang dihelat oleh Mudamudigital yang merupakan wadah bagi para generasi muda untuk berbagi ilmu dengan para pakar digital Indonesia.

Mudamudigital adalah bagian dari program Literasi Digital yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain Mudamudigital, juga ada program SiBerkreasi dan Firal.

Anda juga dapat melihat konten-konten internet yang positif dan inspiratif di website www.mudamudigital.id atau follow akun sosial media Twitter, Facebook, Instagram dan YouTube @Mudamudigital.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini