Sukses

Detik-Detik 3 Bandit Asal Lampung Tewas Ditembak Polisi

Dua tersangka yang ditembak sebelumnya sempat berhasil lolos pengejaran dalam baku tembak dengan polisi pada 2016 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga tersangka pencurian kendaraan bermotor tewas Minggu dini hari tadi, setelah terjadi baku tembak dengan anggota Polda Jawa Barat.

Peristiwa baku tembak tersebut terjadi di kawasan industri Bandung Timur, Cisaranten, Bandung, Jawa Barat, Minggu (19/11/2017) sekitar pukul 02.00 WIB.

Ketiga bandit tersebut adalah Rizwan Budiman alias Iwan (23), Desmon Alexander alias Sanusi (30), dan Aprizal alias Isal (19). Ketiganya adalah warga Jabung, Lampung Timur.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana mengatakan, dua tersangka yang ditembak sebelumnya sempat berhasil lolos pengejaran dalam baku tembak dengan polisi pada 2016 lalu, di jalan layang Cimindi, Kota Cimahi. Mereka adalah Riswan dan Alexander.

"Riswan merupakan residivs tahun 2016 dari Lapas Cirebon," kata Umar kepada Liputan6.com, Minggu (19/11/2017).

Adapun baku tembak yang terjadi Minggu dini hari tadi bermula dari pengintaian kepolisian sejak Kamis 16 November 2016. Tim gabungan dari Jatanras dan Resmob Polda Jabar mengikuti target yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor.

Baru pada Minggu sekitar pukul 01.00 WIB, ketiga tersangka yang baru saja beraksi itu menyadari bahwa mereka dikuntit aparat. Afrizal saat itu mengendarai Avanza E 1842 BU dan di belakangnya mengikuti Avanza dengan menggunakan dua motor hasil curian.

"Terjadi baku tembak antara pelaku dan anggota," kata Umar.

Akhirnya polisi dapat melumpuhkan ketiga tersangka. Peluru yang dimuntahkan mengenai badan ketiganya.

Polisi lalu membawa mereka ke Rumah Sakit Sartika Asih, namun nyawa mereka tidak tertolong.

"Ketiga tersangka meninggal dunia di perjalanan," kata Umar.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.