Sukses

JK Ungkap Pentingnya Sound System yang Baik untuk Masjid

JK diketahui sebagai sosok yang peduli dengan sound system yang berada di dalam masjid.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Masjid At-Taqwa di Markas Komando Korps Marinir, Kwitang, Jakarta Pusat, pada Jumat, 17 November 2017. Pria yang akrab disapa JK ini diketahui sebagai sosok yang peduli dengan sound system yang berada di dalam masjid.

"Yang saya ingat saat meresmikan masjid, yang dikoreksi sound system-nya. Sekarang kami berupaya ini agar bisa mendengar khotbah, agar jelas," cerita Komandan Korps Marinir Mayjen Bambang Suswantono saat menemani JK di lokasi.

Mendengar hal itu, JK membenarkan. Menurut dia, keberadaan pengeras suara yang baik menjadi penting.

"Terima kasih tadi Mas Bambang mengingatkan bahwa kenapa sound system itu penting. Di masjid itu 80 persen orang mendengar khotbah, ceramah, dan sebagainya. Hanya 20 persen ibadahnya dan lainnya. Salat boleh dihitung lima sampai 10 menit. Tapi khotbah bisa setengah jam. Apalagi ada ceramah terus-menerus, pengajian. Itu kenapa sound system penting," ungkap JK.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makmurkan Masjid

Di sisi lain, dia juga berpesan agar masjid itu bisa dimakmurkan dan memakmurkan jemaahnya sehingga bisa membawa kebaikan.

"Memakmurkan artinya memakmurkan dari segi keimanannya, dari segi amal ibadahnya dan memakmurkan perilaku, serta bagaimana jemaah ke depan jauh lebih baik daripada sekarang ini. Masjid harus berfungsi seperti itu. Karena tanpa masjid, tentu jiwa kita itu berbeda," tutur JK.

Dia juga menyampaikan, mendirikan masjid itu adalah karena niat, sehingga akan ada yang membantu.

"Tentu mendirikan masjid itu yang penting niatnya. Setelah niat dijalankan dan kita mulai, biasanya itu yang lainnya ikut," JK memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK

  • masjid