Sukses

Detik-Detik Mencekam Baku Tembak TNI-Polri dengan KKB di Papua

Liputan6SCTV, Papua - Satgas penanggulangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berhasil membebaskan ratusan warga kampung Utikini dan Kimbeli, Jumat siang, 17 November 2017. Operasi pembebasan berlangsung mencekam, karena KKB menghujani tembakan saat satgas mengevakuasi warga menuju bus di kampung Utikini. 

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (18/11/2017), baku tembak sporadis antara satgas gabungan TNI-Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata mulai terjadi ketika segenap personel satgas memasuki kampung Utikini, distrik Tembagapura, sekitar jam 11.00 waktu setempat.

Tidak jauh dari tempat itu, ratusan warga yang dijadikan tameng hidup kelompok bersenjata, yakni di kampung Kimbeli dan Utikini. Tapi upaya mendekati warga cukup sulit karena kelompok bersenjata yang bersembunyi di balik rimbunnya hutan di lereng bukit, sesekali melepaskan tembakan ke arah tim satgas.

Satgas penanggulangan Kelompok Kriminal Bersenjata akhirnya berhasil menemukan warga dan langsung mengevakuasi mereka menuju bus yang sudah disiapkan. Namun tak lama kemudian, terdengar rentetan tembakan, sehingga evakuasi dihentikan untuk menghindari jatuhnya korban.

Operasi pembebasan yang dipimpin Pangdam 17 Cendrawasih, Mayjen TNI, George Supit, bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar dan Asops Kapolri, Irjen Pol M. Iriawan, akhirnya berhasil membebaskan 345 warga dengan selamat, dan Jumat petang, mereka tiba di Tembagapura, Mimika, Papua.