Sukses

Menko Polhukam Wiranto Temui Menlu Spanyol, Bahas Terorisme

Wiranto dan Menlu Spanyol juga membahas sikap Indonesia terhadap masalah Laut Cina Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menerima kunjungan kehormatan Wakil Menteri Luar Negeri Spanyol, Idelfonso Castro di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 17 November 2017.

Dalam Pertemuan itu, keduanya membahas kerjasama di bidang perlawanan terorisme.

"Saya kira Indonesia juga sudah punya pengalaman untuk bekerja sama dengan banyak negara dan Indonesia juga sering kali menjadi host untuk suatu bagian dari ajakan untuk melakukan perlawanan terorisme, ujar Wiranto.

Selain itu, keduanya juga membahas mengenai sikap Indonesia terhadap masalah Laut Cina Selatan. Wiranto menegaskan Indonesia sudah memiliki sikap yang tegas terhadap hal ini.

"Kami juga membahas bagaimana perkembangan hubungan Indonesia dan Spanyol, terutama masalah industry-industri pesawat terbang," ucap mantan Ketua Umum Partai Hanura itu.

Dikatakan, kerjasama keduanya tetap berjalan untuk industri militer. Sejak pesawat pertama yang diterbangkan dari Gatot Kaca CN 202, hingga 235, dan kemarin menerbangkan pesawat 295.

"Saya kira ini kerjasama yang sustainable, yang berkelanjutan,” ujar Menko Polhukam Wiranto.

Pertemuan dengan pemerintah Spanyol sebenarnya sudah beberapa kali dilakukan. Sebelumnya, pada Rabu, 21 Juni 2017, Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Jose Maria Matres Manso pernah melakukan pertemuan dengan Wiranto. 

dalam pertemuan itu, Wiranto menawarkan bantuan kepada Spanyol kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam menumpas aksi teror.

Wiranto mengatakan Indonesia tak membatasi diri bekerjasama dengan Negara manapun dalam bidang penanganan teroris. Menurut dia, pengalaman Spanyol melakukan pendekatan keras atau halus dianggap bisa ditiru oleh BNPT dalam menghadapi terorisme.

"Jadi bagaimana BNPT bisa hard approach maupun soft approach menghadapi terorisme, dan Spanyol punya pengalaman itu," kata Menko Polhukam Wiranto.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.