Sukses

Airbag Tak Mengembang, Kenapa Hanya Setnov yang Terluka?

Setnov dirawat di RSCM Jakarta Pusat akibat kecelakaan pada Kamis 16 November 2017 malam.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR Setya Novanto alias Setnov dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat akibat kecelakaan pada Kamis 16 November 2017 malam.

Setnov duduk di bangku tengah sebelah kiri saat mobil Toyota Fortuner bernopol B 1732 ZLO itu.

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Kinkin Winisuda mengatakan, mobil tersebut ditumpangi tiga orang, yakni Hilman Mattauch sebagai pengemudi, ajudan Setnov Reza Pahlevi di bangku sebelah kiri pengemudi, dan Setnov di belakang Reza.

Lalu kenapa hanya Setnov yang terluka?

Kinkin mengaku, pihaknya masih mendalami kenapa kecelakaan tunggal itu hanya melukai Setnov hingga tak sadarkan diri. Namun dia menduga, penumpang di bagian depan tak terluka karena mengenakan sabuk pengaman.

"Di depan kemungkinan (penumpang) menggunakan sabuk pengaman. Dia punya daya tarik mengikat dan tidak mungkin loncat ke depan," ujar Kinkin, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Polisi, lanjut Kinkin, masih mendalami apakah Setnov mengenakan sabuk pengaman saat Kecelakaan terjadi. Dia juga tidak bisa menyimpulkan hal apa yang membuat Setnov terluka dan sempat tak sadarkan diri.

"Belum tahu, itu nanti keterangan medis," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecepatan Rendah

Polisi juga belum bisa memastikan berapa kecepatan laju kendaraan tersebut saat menghantam tiang listrik. Jika dilihat dari fungsi airbag yang tak mengembang, diduga laju mobil Toyota itu tak terlalu tinggi.

"Ini masih didalami, kita memanggil pihak Toyota untuk memastikan (apakah) kendaraan ini memang ada yang error alatnya, pada saat kejadian enggak keluar," ucap Kinkin.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.