Sukses

Demokrat: Calon Pendamping Khofifah Berasal dari Kultur Mataraman

Adapun yang disebut kultur Mataraman, yakni yang berasal dari daerah Madiun, Kediri, Blitar, Trenggalek, dan Bojonegoro.

Liputan6.com, Surabaya - Teka-teki tentang calon wakil gubernur pendamping Khofifah Indar Parawansa mulai terbuka. Sosok calon pendamping tersebut dipastikan berasal dari trah kultur Mataraman.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo mengatakan Partai Demokrat sudah mengantongi sejumlah nama yang akan diajukan untuk mendampingi Khofifah di Pilkada Jawa Timur 2018. Nama-nama tersebut sedang digodok oleh tim 9 yang beranggotakan para kiai.

"Tim 9 yang berisi para kiai itu nantinya akan bertemu dengan partai pengusung Bu Khofifah untuk merumuskan secara bersama, musyawarah mufakat mengenai nama calon wakil," ujar Soekarwo di kampus UNS Solo, Jumat (17/11/2017).

Ia menuturkan, dari sejumlah nama yang disodorkan nantinya akan mengerucut ke para calon yang berasal dari kultur Mataraman. Adapun yang disebut kultur Mataraman, yakni yang berasal dari daerah Madiun, Kediri, Blitar, Trenggalek, dan Bojonegoro.

"Itu kulturnya sama dengan kultur di Solo, Mataraman," sebut Soekarwo.

Adapun nama-nama calon gubernur seperti Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf serta calon wakil gubernur Azwar Anas merupakan dari kultur NU. "Kalau nama-nama calon itu merupakan kultur nahdliyin," ucapnya.

Ketika didesak mengenai nama calon pendamping Khofifah, Gubernur Jawa Timur yang akrab disapa Pak De Karwo itu mulai membocorkan nama-nama, di antaranya Harsono mantan Bupati Ngawi, Heru Cahyono mantan Bupati Tulungagung, Emil Dardak dan Ipong.

"Kalau di Jawa Timur, nama Pak Heru dan Harsono sudah tahu karena mantan bupati dan punya market yang jelas. Dua orang itu top markotop," ujar Soekarwo.

Dalam Pilkada Jatim 2018, Pak De Karwo dihadapkan pada situasi yang membingungkan. Sebab, pihak DPP Partai Demokrat menunjuk Khofifah sebagai calon gubernur. Adapun pendampingnya selama 10 tahun menjadi Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf diusung PDIP dan PKB menjadi calon gubenur.

"Pilgub Jawa Timur (Demokrat) mendukung Bu Khofifah, sedangkan saya sendiri kan sohibnya Gus Ipul," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 2 Calon

Sebelumnya, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengaku sudah mengantongi dua nama calon wakil gubernur yang akan mendampinginya dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Saat ini Khofifah tengah mencari waktu untuk mengomunikasikan hal itu dengan partai politik pendukung.

Saat ditanya apakah satu dari dua nama itu adalah Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah hanya tersenyum.

"Teman-teman jangan tanya ke saya, yang jelas sudah ada dua nama mengerucut dan sudah selesai di forum kiai," ujar dia di Yogyakarta, Rabu (15/11/2017).

Khofifah juga enggan memastikan apakah calon wakil gubernurnya berasal dari bagian barat atau timur Jawa Timur.

"Yang pasti warga Jawa Timur," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.