Sukses

Grup Kesenian Ini Bakal Tampil di Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu

Bakti mengatakan, pihaknya akan memberikan penampilan yang terbaik di acara ngunduh mantu putri Presiden Jokowi tersebut.

Liputan6.com, Medan - Grup Kesenian Mandailing Gunung Kulabu Pakantan dipercaya sebagai pengisi acara adat dalam kegiatan ngunduh mantu putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu di Medan, Sumatera Utara. Menjelang hari H, grup musik ini terus melakukan persiapan.

Pemimpin Grup Kesenian Mandailing Gunung Kulabu Pakantan, Bakti Lubis mengatakan, persiapan kali ini yang dilakukan mereka adalah gladi kotor dengan menggunakan alat musik khas Mandailing.

"Ini gladi kotor menjelang tanggal 24 November 2017," kata Bakti di Jalan Padang, Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung, Rabu 15 November 2017.

Dia menjelaskan, dalam rangkaian acara adat saat ngunduh mantu nantinya, mereka akan memainkan alat-alat musik seperti gordang sambilan, seruling, gong, dan alat-alat musik tradisional khas Mandailing lainnya

"Alat-alat musik itu akan dimainkan sekitar 12 orang. Mereka akan mengiringi prosesi acara adat," ucap dia.

Grup Kesenian Mandailing Gunung Kulabu Pakantan akan tampil di acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu (Liputan6.com/ Reza Efendi)

Bakti mengatakan, pihak akan memberikan penampilan yang terbaik di acara ngunduh mantu putri Presiden Jokowi tersebut. Dia berharap, segala hal-hal dimudahkan tanpa ada kendala.

"Kita sudah dipercaya. Makanya kita akan berikan yang terbaik," tandas dia.

Sementara di kediaman orangtua Bobby Nasution, di Perumahan BHR, Jalan Setia Budi, Medan, pihak panitia juga terus melakukan persiapan ngunduh mantu, seperti mendesain tenda menjadi venue.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Dipantau Pejabat

Di lokasi, beberapa petinggi daerah seperti Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin tampak ikut memantau persiapan.

"Tanggal 19 ini persiapan sudah rampung semuanya," kata Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri.

Tidak hanya memantau, Pangdam, Kapolda, Wali Kota dan sejumlah pejabat lainnya juga berkeliling untuk melihat berbagai persiapan yang sedang dikerjakan, mulai kondisi halaman hingga persiapan tenda tempat akan dilangsungkan acara.

Berdasarkan jadwal, acara ngunduh mantu dimulai dari penyambutan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution pada 19 November 2017. Selanjutnya pada 21 November 2017 dilaksanakan acara adat pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.

Kemudian acara puncak digelar pada 24 November hingga 26 November 2017, yang dimulai dengan acara adat horja godang. Untuk prosesi ini dijadwalkan akan dihadiri langsung Presiden Jokowi dan istri, Iriana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.