Sukses

Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa ke-6 di Korsel

Liputan6.com, Seoul - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, akan menerima gelar doktor honoris causa dari Mokpo National University, Korea Selatan. Gelar ini merupakan yang keenam kalinya diterima Megawati.

Pada September 2017, putri presiden pertama RI Sukarno ini menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP). Megawati dinilai memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan politik.

Sementara itu, gelar yang akan diterima Ketua Umum PDIP di Korea Selatan  adalah dalam bidang demokrasi ekonomi.

Adapun lima gelar honoris causa yang pernah diterima Megawati adalah dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang; Korea Maritime and Ocean University; Moscow State Institute of International Relation, Universitas Padjadjaran; dan Universitas Negeri Padang.

Dikutip dari laman wikipedia, gelar honoris causa adalah gelar kehormatan yang diberikan sebuah universitas kepada seseorang dalam bidang tertentu. Gelar itu diberikan meski yang menerima gelar bukan dari bidang pendidikan yang sesuai dengan gelar yang diterima.

Pantauan Liputan6.com, Megawati tiba di Seoul pada Rabu siang dan langsung menuju Mokpo dengan menggunakan kereta cepat. Pemberian gelar rencananya akan dilangsungkan di kampus Mokpo National University, Kamis 16 November. Kampus ini berjarak kurang lebih 400 kilometer dari Seoul.

Tampak putra Megawati, Mohammad Rizki Pratama, Ketua DPP PDI Perjuangan, Rokhmin Dahuri, serta anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Herman Hery, turut dalam rombongan.

1 dari 2 halaman

Taman Megawati

Warga Jeju di Korea Selatan memberikan tempat tersendiri bagi Megawati Soekarnoputri sebagai sosok yang mereka hormati.

Dalam acara Jeju Forum Peace dan Prosperity 2017 yang berlangsung sejak 1 Juni 2017, warga Jeju mengabadikan nama putri Bung Karno itu pada salah satu taman di sebuah resor. Bagi mereka, Megawati Soekarnoputri sebagai tokoh dunia yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Taman Megawati berada di atas lahan seluas 24 hektar dengan ditumbuhi berbagai jenis pohon dan tanaman.

Kawasan ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik banyak wisatawan karena udaranya yang sejuk dan berkabut. Bagi Indonesia, taman ini akan selalu dikenang sebagai simbol persahabatan kedua negara.

Saksikan video pilihan di bawah ini: