Sukses

Parade Alutsista hingga Terjun Payung Hiasi HUT ke-72 Marinir

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah rangkaian upacara militer serta parade dan defile ditampilkan dalam perayaan hari ulang tahun ke-72 Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Mulai dari parade kendaraan tempur jenis amfibi, atraksi bela diri, ketangkasan prajurit, defile pasukan upacara, parade rampag bedug, hingga aksi terjun payung yang dilakukan 72 prajurit TNI AL Korps marinir. Angka 72 tersebut melambangkan korps marinir TNI AL yang kini menginjak 72 tahun.

Khusus untuk atraksi terjun payung ternyata sudah disiapkan hadiah total Rp 150 juta. Dengan Rp 10 juta untuk masing-masing penerjun bagi siapapun yang tepat mendarat di atas kendaraan tempur yang sudah disiapkan di tengah lapangan.

Prajurit Marinir melakukan penerjunan saat upacara HUT Korps Marinir ke-72 di Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta, Rabu (15/11). HUT Marinir ke-72 bertema Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Usai aksi terjun payung, hadiah tersebut diberikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi.

Dengan perayaan HUT ke-72 yang bertemakan 'Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional', Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi menyatakan, mementum peringatan hari ulang tahun tersebut sebagai momentum bagi Korps Marinir TNI AL untuk terus memantapkan diri dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Sebagai prajurit pejuang, prajurit marinir dituntut pantang menyerah dalam setiap bertugas. Sedangkan sebagai prajurit profesional, marinir dituntut selalu membina kemampuan dan menajamkan naluri tempur, tanggap cepat di setiap perubahan tantangan penugasan, " ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi di Lapangan Kesatrian Hartono Brigif - 2 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017).

1 dari 2 halaman

Marinir Fair

Hadir pula dalam acara tersebut di antaranya Mayjen TNI Marinir Bambang Suswantono selaku pimpinan tertinggi Korps Marinir TNI AL, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Pangarmatim Laksamada Muda TNI Darwanto, Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Adapun bertugas sebagai inspektur upacara adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi. Sedangkan Kolonel Marinir Umar Farouq bertugas sebagai pemimpin upacara.

Di lokasi yang sama, Korps Marinir juga akan menyelenggarakan 'Marinir Fair' yang terbuka untuk umum dari tanggal 16 - 19 November 2017.

Dalam kegiatan itu, masyarakat dapat menyaksikan pameran alutsista marinir dari masa ke masa, pameran produk ekonomi kreatif masyarakat, bazar barang dan kuliner, paint ball, outbond, terjun payung, parade kendaraan tempur amphibi, demo taktis serangan marinir, demo beladiri pencak silat, tarian tradisional, dan military game.

Acara juga akan dimeriahkan dengan pentas band prajurit marinir serta panggung hiburan yang menghadirkan artis-artis kenamaan Indonesia.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini: