Sukses

Usai Hadiri KTT ASEAN, Jokowi Langsung Kunker ke Manado

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menghadiri KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana melanjutkan perjalanan menuju Manado, Sulawesi Utara.

Berdasarkan keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin‎, Rabu (15/11/2017), Jokowi tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Sulawesi Utara pada pukul 00.20 WIB, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di bandara, Jokowi dan Ibu Iriana disambut oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Selanjutnya, Jokowi dan Ibu Iriana menuju hotel tempat menginap selama berada di Manado.

Di Manado, Jokowi akan membuka Kongres Trisakti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-20.

"Setelah itu Presiden akan kembali ke Jakarta dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada Rabu sore hari, (15/11/2017)," terang Bey Machmudin.

 

1 dari 2 halaman

Saat di KTT ASEAN

Saat di KTT ASEAN, Jokowi menegaskan, Korea Utara perlu segera menghentikan uji coba senjata berbahaya dan mematuhi seluruh resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

"Posisi Indonesia dan posisi ASEAN sudah sangat jelas terhadap situasi Semenanjung Korea," ujar Jokowi seperti dikutip dari Biro Pers Istana, Selasa 14 November 2017.

Jokowi juga menuturkan, stabilitas dan kesejahteraan rakyat di kawasan akan sangat tergantung bagaimana mengelola hubungan ASEAN Plus Three dan hubungan di antara 13 negara.

ASEAN Plus Three adalah kerja sama yang sangat penting dan strategis. Strategis dari segi politik dan strategis dari segi ekonomi.

"Dari segi politik dan keamanan, kita paham betul adanya titik-titik yang rentan ketegangan, antara lain Semenanjung Korea. Posisi Indonesia dan posisi ASEAN sudah sangat jelas terhadap situasi Semenanjung Korea," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Dari sisi hubungan ekonomi nilai strategis, hubungan ASEAN dengan Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok tidak perlu dipertanyakan lagi," imbuh Jokowi.

Saksikan video di bawah ini:

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Iriana Jokowi
Artikel Selanjutnya
Berbaju Batik, Jokowi Hadiri Rakernas III Projo