Sukses

Menko Puan Sebut KTT Asean untuk Promosikan Antar-Budaya

Puan selaku Ketua Pilar Sosial Budaya ASEAN, telah mengangkat ASEAN Declaration on Culture of Prevention merupakan deklarasi lintas pilar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-31, yang diselenggarakan di Philippines International Convention Centre (PICC), Manila.

Sidang KTT ASEAN ke-31 dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dan dihadiri oleh 10 Kepala Negara ASEAN, Kepala Negara Mitra Wicara dan Organisasi Internasional Mitra Wicara ASEAN, yaitu Amerika, Tiongkok, Jepang, Kanada, India, Korea Selatan, Uni Eropa, PBB serta Para Kepala Negara EAS (East Asia Summit) yaitu Rusia dan Selandia Baru.

Puan selaku Ketua Pilar Sosial Budaya ASEAN, telah mengangkat ASEAN Declaration on Culture of Prevention yang merupakan deklarasi lintas pilar dan lintas sektor di ASEAN untuk diadopsi oleh para Kepala Negara ASEAN dalam KTT ASEAN ke-31.

“Deklarasi ini merupakan inisiatif pilar sosial budaya ASEAN untuk mempromosikan budaya dialog lintas agama dan lintas budaya,” kata Puan, Senin (13/11/2017).

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani sempat berbincang singkat dengan Presiden AS Donald Trump di sela KTT ASEAN dan US.

Sementara, dalam pidatonya di hadapan para Kepala Negara ASEAN, Presiden Jokowi menyampaikan, pada perayaan ulang tahun ASEAN yang ke-50 ini, ASEAN telah mampu menciptakan ekosistem stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan di Asia Tenggara.

Namun, menurut Jokowi, ASEAN tidak boleh berpuas diri karena masih terdapat banyak tantangan ASEAN seperti ancaman kejahatan lintas negara seperti terorisme. ASEAN membutuhkan suatu collective leadership yang kokoh dan dapat merespons dinamika perubahan di ASEAN dengan efektif.

Deklarasi Culture of Prevention ini merupakan salah satu dari 11 deklarasi pilar sosial budaya ASEAN di KTT ASEAN ke-31. Kegiatan kick-off dari deklarasi Culture of Prevention telah dilaksanakan di Jombang pada akhir Oktober 2017 yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI.

 

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.