Sukses

Wirausaha Solusi Mengurangi Pengangguran

Wirausaha Sebagai Cara Cepat Mengurangi Pengangguran

Liputan6.com, Jakarta Di era modern seperti sekarang ini, wirausahawan menyumbang peranan yang sangat penting terhadap kehidupan bernegara, salah satunya adalah di sektor ketenagakerjaan. Keberadaan wirausahawan membuat faktor-faktor produksi dapat dikreasikan untuk membuat produk baru.

“Dengan adanya produksi, kesempatan kerja menjadi lebih terbuka dan hal ini dapat mengurangi angka pengangguran,” ujar Sekretaris Jenderal Kemnaker, Hery Sudarmanto, saat memberikan sambutan pada acara Gebyar Win Academy pada Minggu (12/11/2017).

Ia mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), rasio wirausaha Indonesia pada 2017 sebesar 3,1 persen. Namun, rasio wirausaha tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lain di Asia.

“Perlu kontribusi dari berbagai pihak untuk mendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia. Dengan semakin banyak penduduk yang berwirausaha, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang terbuka,” ucap Hery.

Saat ini, imbuhnya, angkatan kerja Indonesia didominasi oleh lulusan SD dan SMP. Persentasenya mencapai sekitar 60 persen. Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) pun terus melakukan upaya untuk memberi akses angkatan kerja masuk ke dunia kerja.

“Beberapa upaya yang secara masif dilakukan adalah melalui pelatihan kerja dan pemagangan,” kata Hery.

Ia melanjutkan, melalui pelatihan kerja, kompetensi para pencari kerja akan ditingkatkan, sehingga mereka akan lebih siap masuk ke dunia kerja. Selain itu, program pemagangan juga dilakukan untuk mendidik para pencari kerja melalui proses praktek secara langsung di perusahaan.

“Pilihannya, para pencari kerja yang selesai mengikuti program pelatihan kerja maupun pemagangan bisa masuk ke dunia kerja ataupun menjadi wirausahawan,” ujar Hery.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemnaker adalah salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan ketenagakerjaan.

    Kemnaker

  • Wirausaha berkaitan dengan penciptaan hal-hal baru untuk mencari keuntungan.

    wirausaha